Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Danau Mengering Akibat Tak Hujan, PDAM Teluk Pandan Bakal Mati Total

Danau Mengering Akibat Tak Hujan, PDAM Teluk Pandan Bakal Mati Total

(533 Views) Februari 17, 2016 9:14 am | Published by | No comment

Sangatta. Akibat hujan yang tak kunjung datang, dipastikan beberapa sumber air seperti danau akan kembali mengering. Salah satunya danau Telaga Bening yang ada di Kecamatan Teluk Pandan, yang menjadi satu-satunya sumber air baku bagi PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta. Dengan danau ini, PDAM mampu melayani sekitar 170 pelanggan PDAM di Kecamatan Treluk Pandan dengan kapasitas debit air 5 liter per detik.

Direktur PDAM Sangatta Aji Mirni Mawarni, mengatakan akibat intensitas curah hujan yang masih sangat rendah di sebagian wilayah Kutai Timur, menyebabkan mengeringnya beberapa sumber air yang menjadi sumber air baku PDAM, termasuk Danau Telaga Bening di Kecamatan Teluk Pandan. Bahkan jika dalam 2 minggu ke depan hujan juha tak kunjung turun di daerah tersebut, maka bisa dipastikan danau tersebut akan kering dan otomatis pasokan air bersih PDAM ke pelanggan akan berhenti total.

Lanjut wanita yang akrab disapa Mawar ini, jika nantinya distribusi PDAM benar-benar berhenti maka pihaknya akan membantu menyediakan air bersih dengan menyiapkan beberapa tandon air yang di tempatkan di beberapa titik di Kecamatan Teluk Pandan. Sementara suplai air bersihnya akan dilakukan dengan menggunakan truk tanki air yang sumber airnya diambil dari Sungai Sangatta Selatan atau dari IPA Kabo.

(Voice)

Lebih jauh dikatakan Mawar, pihaknya mencoba menormalisasikan pendistribusian air yang sudah ada saat ini dan diperkirakan mampu bertahan 1 bulan hingga 2 bulan ke depan. pihaknya juga akan memohon bantuan dari pemerintah khususnya Dinas PU Kutim untuk melakukan normalisasi danau Telaga Bening khususnya yang ada disekitar intake PDAM danau Telaga Bening.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments