Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dandim 0909/SGT Optimis Target Pencetakan 1500 Ha Sawah di Kutim Bisa Terlaksana, Tahun ini

Dandim 0909/SGT Optimis Target Pencetakan 1500 Ha Sawah di Kutim Bisa Terlaksana, Tahun ini

(544 Views) Februari 20, 2016 9:55 am | Published by | No comment

Sangatta. Upaya pendampingan selama tiga tahun yang dilakukan TNI-AD dalam program swasembada pangan yang merupakan program Pemerintah Pusat dengan target 2017 mendatang, dinilai cukup memberikan dampak positif. Seperti di Kabupaten Kutai Timur, selama dilakukan pendampingan oleh TNI-AD sejak 2015 lalu terjadi peningkatan hasil panen beras menjadi 87 persen. Namun keberhasilan ini dirasa belum cukup jika tidak mampu tercapai hingga 100 persen. Untuk optimalisasi tersebut, kini Dinas Pertanian Kutim kembali menggandeng TNI-AD dalam hal ini Kodam VI Mulawarman untuk melaksanakan program pencetakan 1500 hektar sawah di Kutai Timur, tahun ini. Demikian diungkapkan Dandim 0909/SGT Letkol Infantri Ibnu Hudaya.

Dikatakan, TNI-AD sangat siap menyokong program swasembada pangan yang digaungkan pemerintah pusat. Namun upaya swasembada pangan ini tidak hanya terfokus pada padi saja. Pemerintah berharap masyarakat khususnya petani juga mau menanam jagung dan kedelai. Dengan program cetak sawah 1500 hektar ini, tidak hanya padi namun juga akan tumbuh minat para petani untuk menanam jagung dan kedelai. Sehingga jika petani di Kutim benar-benar melaksanakan program ini, dirinya optimis program swasembada pangan pada 2017 mendatang di Kutim dapat terwujud.

Lanjut Ibnu, saat ini persiapan pelaksanaan cetak sawah ini tinggal menunggu survey identification desain (SID), kerangka acuan kerja (KAK) dan rencana anggran belanja (RAB). Dengan selesainya penyusunana ketiga poin tersebut oleh Dinas Pertanian Kutim, maka program pencetakan sawah akan langsung dikerjakan oleh Zein Kodam (Zidam) VI Mulawarman. Saat ini sudah ada 20 kelompok tani di 6 Koramil dan 10 Kecamatan di Kutim yakni di Kecamatan Teluk Pandan, Sandaran, Kaubun, Kongbeng, Long Mesangat, Busang, Batu Ampar, Muara Bengkal, Bengalon dan Kaliorang, yang telah terseleksi dan nantinya akan menerima sawah sudah cetak dan siap digarap.

Letkol Ibnu berharap, program cetak sawah 1500 hektar ini dapat berjalan lancar dan sesuai perencanaan tahun ini, tanpa ada kendala baik dari cuaca maupun lahan. Terlebih wilayah-wilayah yang sudah ditetapkan sebagai lokasi percetakan sawah sebelumnya sudah dilakukan survei dari Dinas Pertanian dan Babinsa, dan dinyatakan lahan yang aman, baik aman kepemilikan dan tidak ada sengketa di wilayah tersebut.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments