Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DEFISIT ANGGARAN, PENYELESAIAN PELABUHAN SANGKIMA DIPERCEPAT

DEFISIT ANGGARAN, PENYELESAIAN PELABUHAN SANGKIMA DIPERCEPAT

(417 Views) Agustus 9, 2016 3:29 am | Published by | No comment

Sangatta- Peningkatan PAD akan terus dilakukan di Kutai Timur, salah satunya dengan mempercepat penyelesaian pelabuhan Kenyamukan, hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan tambahan pendapatan daerah melalui pendapatan asli daerah (PAD), terlebih dengan terjadinya penurunan angka penerimaan pajak yang berdampak terhadap Kabupaten Kutai Timur yang sampai dengan saat ini masih mengandalkan dana bagi hasil pajak dan royalty dari pemerintah pusat.

Dengan segeranya pelabuhan kenyamukan dapat dioperasikan dapat menghasilkan PAD sebesar empat puluh Milyar pertahun yang akan mengurangi ketergantungan Kutim kepada pemerintah pusat. Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Johansyah Ibrahim mengatakan,  Pemerintah dapat memungut PAD di laut seperti dari KPC yakni biaya tambat, biaya labuh dan biaya-biaya lainnya dengan catatan harus memiliki pelabuhan terlebih dahulu.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dengan belum dapat dioperasikannya pelabuhan kenyamukan, pemerintah kehilangan PAD tiga puluh sampai dengan empat puluh Milyar Rupiah pertahunnya. PAD yang seharusnya dapat menjadi pendapatan Kutai Timur harus masuk ke pemerintah pusat dan pemerintah daerah tidak pernah memungut sama sekali. Kapal yang tambat dipelabuhan KPC dapat mencapai sepuluh kapal perharinya.

Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang dalam rapat coffee morning bersama dengan kepala SKPD mengatakan, kedepannya kita tidak bisa terpaku pada dana bagi hasil pemerintah pusat, mari kita ciptakan PAD sepanjang hal tersebut tidak melanggar aturan, nantinya skpd harus menggali potensi daerah yang dapat menghasilkan PAD.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments