Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Desa Pelawan, Siap Jadi Ibukota Kecamatan Sangkulirang Seberang

Desa Pelawan, Siap Jadi Ibukota Kecamatan Sangkulirang Seberang

(2024 Views) Mei 12, 2016 1:19 pm | Published by | 2 Comments

Sangkulirang. Seiring keinginan kuat Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam menggerakan kemajuan dan pemerataan pembangunan di berbagai wilayah kecamatan, adanya konsep yang terus digagas yakni pembentukkan Kecamatan Sangkulirang Seberang menjadi buah bibir dan perhatian masyarakat setempat. Terlebih dari 15 desa yang secara admnstratif berada di bawah Kecamatan Sangkulirang, terdapat 9 desa yang berada jauh dari kecamatan tersebut. Mulai dari desa Perupuk, Tanjung Manis, Kerayaan, Peridan, Saka, Mandu Dalam, Mandu Luar, Tepian Terap, dan Pelawan.

Masyarakat dari 9 desa yang disebutkan diatas rata-rata sangat ingin jika Kecamatan Sangkulirang Seberang dapat segera direalisasikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten, terlebih hal ini juga didukung oleh Bupati Kutim H. Ismunandar saat beliau masih menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Kutai Timur. Harapan besar tersebut akan bersinergi dengan program-program pemerintah, yang mana akan membuka peluang besar bagi masyarakat setempat untuk dapat mengakses pelayanan listrik, pelayanan air, perbaikan jalur transportasi, pelayanan pendidikan, hingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat.

“Kami berharap agar pembangunan daerah pesisir dapat terus dioptimalkan, mengingat keberadaan pesisir tidak saja menjadi garda depan dalam menggerakkan pembangunan seperti yang diungkapkan oleh Presiden RI Jokowi, tetapi juga menjadi garda utama dalam mengoptimalkan pembangunan Kutim yang sekarang ini berada dibawah kepemimpinan putra asli Sangkulirang H Ismunandar,” ungkap Wani salah seorang warga setempat.

Dihubungi terpisah Pj Kepala Desa Pelawan Pj Kepala Desa Pelawan Tarbiatul Munawarah, menyebutkan jika keyakinan diri untuk menjadikan desa Pelawan sebagai Ibukota Kecamatan Sangkulirang Seberang nantinya, bukanlah hal yang muluk-muluk. Mengingat hingga sekarang pihak Pemkab Kutim telah turun sejak dulu, dalam mendata kesiapan pembentukan kecamatan baru dengan alasan luasan kecamatan Sangkulirang. Ternyata merupakan kecamatan yang memiliki desa terbanyak di Kutim. Bahkan dalam waktu dekat juga akan terjadi pemekaran untuk desa Kerayaan, yang akan dibagi wilayah administratifnya dimana pecahannya akan dinamai desa Bual-Bual. Sejauh ini memang selain desa Pelawan yang siap dijadikan wilayah Ibukota Kecamatan Sangkulirang Seberang, desa Mandu PS siap juga untuk hal yang sama.

“Tim Verifikasi dari Pemkab Kutim telah disusun, dan telah masuk ke kecamatan. Bahkan Bapak Bupati Ismunandar telah menyampaikan keinginan untuk memekarkan kabupaten dalam tiap-tiap pertemuan dengan masyarakat 9 desa yang nantinya akan tergabung dalam kecamatan baru tersebut, mulai dari desa Perupuk, Tanjung Manis, Kerayaan, Peridan, Saka, Mandu Dalam, Mandu PS, Tepian Terap dan desa Pelawan. Hingga kini kami telah menyiapkan lahan sebesar delapan hektar yang penggunaannya disiapkan untuk lahan untuk kantor kecamatan, kantor Polsek, Koramil, dan Puskesmas. Luasan itu diluar tanah untuk kantor desa Pelawan,” ungkapnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments