Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dewan Kesenian Gelar GBPN 2015

Dewan Kesenian Gelar GBPN 2015

(3878 Views) Juli 27, 2015 9:08 am | Published by | 241 Comments

SANGATTA – Uniknya Kebudayaan yang berada di Kabupaten Kutai Timur berhasil di tampilkan dalam Gelar Budaya Pelangi Nusantara (GBPN) 2015. Kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu mampu menyedot perhatian masyarakat Kecamataman Muara Bengkal, Muara Ancalong, Batu Ampar, Long Masangat dan Kecamatan Busang.
Ketua Panitia GBPN 2015 Halidin Katung mengatakan penyelenggaraan acara tersebut bertujuan melestarikan “Budaya Etam”, kebudayaan daerah, khususnya yang ada di Kutim.
Halidin mengatakan, melalui pagelaran budya kali ini kita harapkan masyarakat dari berbagai kalangan, tidak terkecuali generasi muda dapat turut melestarikan budaya tradisional yang ada. Mantan Kepala Bagian Humas Setkab Kutim ini menambahkan, tujuan lain yang ingin dicapai dari kegiatan dimaksud adalah untuk meningkatkan performa tim-tim tari yang ada didaerah ini. Khususnya ragam tari pedalaman dan pesisir. Selanjutnya juga meningkatkan eksistensi dan menambah wawasan berkebudayaan serta internalisasi para penari agar semakin kompak saat tampil. Memupuk kecintaan generasi muda akan kekayaan kebudayaan nusantara. Dijelaskan oleh Halidin, bahwa panitia memberikan peluang kepada berbagai jenis sanggar tari dari kalangan etnis Kutai dan Dayak untuk tampil pada ajang ini.
Pembukaan GBPN 2015 yang dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Muara Bengkal Ilir, Kecamatan Muara Bengkal ini dihadiri Ketua Umum Dewan Kesenian Daerah Kutim Ismunandar, Camat Muara Bengkal, Muara Ancalong, Kapolsek Muara Bengkal dan Muara Ancalong serta para seniman dan seniwati dari lima kecamatan dan ribuan masyarakat lainnya.
budaya (4)Ketua Dewan Kesenian Daerah Kutim Ismunandar menyampaikan bahwa seni tari merupakan produk budaya Indonesia yang unik. Dijelaskan, diperlukan membangun kebudayaan tersebut supaya menjadi asset yang sagat berharga. Siapa lagi yang akan mengangkat budaya kita, kalau bukan kita sendiri. Kegiatan (GBPN) ini merupukan salah satu bentuk upaya pelestarian budaya (tradisional. Diharapkan Ismunandar GBPN bermamfaat bagi seluruh masyarakat berkaitan dengan upaya pelestarian kebudayaan nusantara.
GBPN 2015 diramaikan para penari dari Sanggar Tari Tingang Madeang Kacamatan Kombeng, berikutnya Sanggar Tari Bunga Noran dan Long Segar dari Kecamatan Tellen. Sanggar Tari Leppo Jalan dan Dayak Modang dari Kecamatan Busang. Sedangkan dari Kecamatan Muara Bengkal ada Sanggar Tari Lestari Budaya, Lenggang Bengkal, Rimbun Bengkal SMA 1 serta Sanggar Tari SMK 1. Selain tari-tarian, pihak panitia juga menggelar Festival Dangdut yang melibatkan juri dari Jakarta. Kriteria penilaian meliputi olah vocal, harmonisasi, penampilan dan keserasian. Festival dan parade dangdut dalam GBPN ini diikuti 15 orang. Seluruh peserta menerima piagam, sementara juara 1 sampai dengan 6 menerima trophi, uang pembinaan dan tour ke Jakarta. Untuk juara 1, 2 dan 3 di daftarkan pada seleksi kontes KDI di Provinsi. Dipenghujung acara GBPN 2015, seluruh undangan dan peserta dihibur penampilan band Kapital dan Biang Kerock dari Tenggarong serta HMJ Band dari Samarinda.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

241 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments