Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinas Ketahanan Pangan Kutim, Minggu Depan Bakal Buka “Pasar Tani”

Dinas Ketahanan Pangan Kutim, Minggu Depan Bakal Buka “Pasar Tani”

(7009 Views) April 17, 2017 3:48 pm | Published by | No comment

                                                                                 Gambar ilustrasi Pasar Tani

Sangatta – Rendahnya nilai jual hasil pertanian petani di Kabupaten Kutai Timur, membuat Dinas Ketahanan Pangan Kutim, berencana akan membuka Pasar Tani. Demikian diungkapkan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutim, Hormasyah, pada Coffee Morning, Senin (17/4/17) di runag Meranti, Kantor Bupati Bukit Pelangi Sangatta.

Menurut Hormansyah, selama ini nilai tukar hasil pertanian petani di Kutim, masih rendah. Dia mencontohkan, petani kacang tanah yang berada di belakang Masjid Agung, jika menjual kepada tengkulak, 1 kilogram hanya 8 ribu, namun dijual kembali dipasar dengan harga 15 ribu.

Oleh karena itu, Dinas Ketahanan Pangan Kutim, berencana akan membuka Pasar Tani, di depan Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kutim. Dimana petani  langsung yang akan menjual. Disana akan dijual, berbagai bahan makanan seperti sayur mayur, lombok tomat dan sebagainya, dengan harga yang relatif lebih murah.

Insert : Hormansyah (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kutim)

Hal ini, dimaksudkan agar nilai jual petani tidak terlalu jauh bedanya. Selain itu memperpendek rantai antara konsumen dengan produsennya.

Sementara itu, Bupati Kutai Timur, Ismunandar mendukung dan mempersilahkan rencana untuk membuka Pasar Tani tersebut, dengan memanfaatkian  lahan yang masih kosong Dinas Ketahanan Pangan sendiri,  jangan sampai masuk di Kantor. Disamping itu, Ismu mengingatkan, harus berkoordinasi dengan UPT.Pasar terlebih dahulu.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments