Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinas Pertanian dan Peternakan Minta Masyarakat Pintar Pilih Hewan Kurban

Dinas Pertanian dan Peternakan Minta Masyarakat Pintar Pilih Hewan Kurban

(655 Views) Agustus 31, 2015 12:00 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Lebaran Idul Adha atau yang lebih dikenal dengan Idul Kurban tidak lama lagi. Berlahan mulai nampak di beberapa titik di Kota Sangatta para pedagang musiman hewan kurban baik sapi dan kambing, yang mulai menjajakan hewan ternak yang memang khusus untuk memenuhi kebutuhan kurban masyarakat Sangatta. namun ternyata pembeli hewan kurban harus jeli dan pintar memilih hewan mana yang akan dibeli. Jangan sampai hewan yang dibeli ternyata mengidap penyakit kronis dan cacing hati.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur  Syarifuddin Ginting, seperti biasa jika mendekati musim Idul Kurban tak heran jika pedagang musiman sapi dan kambing kurban mulai menjamur di Kota Sangatta, seperti diantaranya Pedagang Musiman Hewan Kurban yang ada di Jalur AW Syahrani (Ex. Pendidikan) dan Jalan APT Pranoto. Namun masyarakat sebagai pembeli diminta pintar dan mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan yang sakit. Sehingga tidak tertipu dengan kata-kata manis pedagang.

Didampingi Kabid Peternakan Diah Ningrum, dijelaskan jika masyarakat ingin membeli hewan kurban, hendaknya memilih yang berperawakan bersih, berbulu halus dan mengkilap, hidung berair dan bermata bening. Hendaknya jangan membeli yang berbulu kasar dan berdiri (red.merinding) serta matanya berair, karena besar kemungkinan hewan tersebut mengidap cacing hati dan penyakit kronis lainnya.

(voice)

Lebih jauh dikatakan Diah, 2 minggu menjelang Hari Raya Idul Adha Dinas Peternakan akan menurunkan tim untuk melakukan pengecekan terhadap hewan-hewan kurban yang ada di Kota Sangatta. Hewan-hewan yang sehat akan diberikan label sehat oleh tim pemeriksa ini. Bahkan pada saat pemotongan hewan kurban pun, pihaknya akan turun untuk memeriksa organ dalam hewan kurban apakan layak dikonsumsi atau tidak. Tentunya dari hasil pemeriksaan limpa dan hati sapi maupun kambing, jika ditemukan cacing hati atau infeksi pada limpa yang ditandai dengan tampilan limpa yang bengkak, maka disarankan agar hati dan jeroan hewan kurban tersebut untuk dibuang karena tidak layak di konsumsi, sedangkan daging hewan masih aman dimakan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments