Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DINKES BERSAMA DISDIKBUD BERANTAS JENTIK

DINKES BERSAMA DISDIKBUD BERANTAS JENTIK

(448 Views) Juli 19, 2016 4:36 am | Published by | No comment

SANGATTA – Dinas Kesehatan akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan dalam pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah. Banyaknya penderita kasus demam berdarah di usia sekolah menjadi perhatian dari kedua dinas tersebut. Tidak hanya melibatkan guru-guru di sekolah tetapi siswa-siswa juga ikut dilatih untuk peka terhadap keberadaan nyamuk demam berdarah. Pelatihan diberikan Petugas Dinas Kesehatan kepada Guru guru usaha kesehatan sekolah (UKS) yang kemudian disampaikan kepada anak-anak didik mereka.

Pengenalan terhadap penyebab dan pencegahan demam berdah kepada anak-anak diusia sekolah dirasa penting, hal tersebut dilakukan agar mereka lebih peka untuk menjaga kebersihan lingkungan baik lingkungan rumah mereka maupun sekolah tempat mereka beraktivitas sehari-hari.

Siswa-siswi di usia sekolah kelas tiga sampai dengan kelas lima diberikan tugas untuk melaporkan keadaan jentik di rumahnya. Dengan laporan tersebut dapat diketahui keberadaan jentik nyamuk penyebab demam berdarah dan dapat langsung dimusnahkan sehingga tidak sampai menjadi nyamuk. Pemantau jentik tersebut lebih efektif untuk memberantas nyamuk penyebab demam beradarah dibandingkan dengan penggunaan foging.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur, Yusufsyah mengatakan, dua UPTD Pendidikan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan sudah diberikan pelatihan kepada Guru-guru UKS dan dimonitor oleh petugas Dinas Kesehatan. Pengenalan dilakukan sedini mungkin kepada anak-anak didik. Anak-anak didik diberikan tugas untuk memberikan laporan jentik nyamuk dirumah mereka setiap sebulan sekali.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments