Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdikbud Kutim Genjot Sekolah-Sekolah Akhir 2016 Bisa Terakreditasi A

Disdikbud Kutim Genjot Sekolah-Sekolah Akhir 2016 Bisa Terakreditasi A

(466 Views) November 12, 2015 8:21 am | Published by | No comment

Sangatta –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur mencanangkan seluruh Sekolah itu mempunyai akreditasi A, artinya seluruh Sekolah di Kutai Timur penyelenggaraannya harus bisa menyelenggarakan pendidikan dengan standar nasional, dan standar nasional itu bisa dilaksankan apabila sekolah-sekolah yang ada di Kutai Timur sudah terakreditasi A. Untuk mencapai hal tersebut Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur melaksankan Rapat Koordinasi Pendataan Pendidikan “Pencapaian Akreditasi dan Ketenagaan “ yang berlangsung selama dua (2) hari mulai tanggal 11-12 November 2015 bertempat diruang Akasia Gedung Serba Guna Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, yang diikut UPTD Pendidikan dan seluruh Kepala Sekolah yang di 18 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Ditemui usai membuka sosilisasi Delineasi Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat diruang Tempuadau kantor Bupati Kutai Timur Iman Hidayat menjelaskan bahwa sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kutai Timur masih jauh dari Akreditasi yakni masih dibawah dua (2). Tetapi selanjutnya selama dua tahun terakhir ini Disdikbudmelaksankan program-program yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, maka hasilnya akreditasi Sekolah-Sekolah yang ada sudah jauh naik, yang dulunya tidak terakreditasi tetapi sekarang hampir semua sekolah – sekolah yang ada di Kutai Timur  telah terakreditasi C, B dan A.

Selanjutnya Iman menjelaskan selama dua tahun terakhir (2014-2015) Disdikbud telah membuat program-program untuk menggenjotsekolah-sekolah agar cepat terakreditasi, dan setelah dievaluasi program-program tersebut yang telah dilaksankan di tahun 2014-2015, hasilnya banyak yang sudah terakreditasi bahkan sudah mencapai akreditasi A, dan sekarang dalam Rakor kali ini Disdikbud Kutim  mengumpulkan semua sekolah-sekolah yangada di Kutim akhir 2016 sekolah-sekolah harus terakreditasi A.

Voice

Oleh karena itu, lebih lanjut Iman mengatakan sekolah-sekolah harus menyusun program dan menyampaikan ke Disdikbud apa saja kekurangan-kekurangan yang masih menghambat untuk mencapai akreditasi A di tahun 2016, yang kemudian akan di inventaris oleh Disdikbud yang kemudian dikonversi dalam bentuk baiya.

Selanjutnya Iman Hidayat mengungkapkan ada delapan (8) standar untuk mencapai akreditasi A, empat (4) standarnya ada didalam kurikulum 2013, dikatan Dia Disdikbud sudah melaksanakan kurikulum 2013 maka keempat standar tersebut telah tercapai. Kemudian standar yang kelima (5) yaitu pembiayaan, sekarang pembiayaan sudah dibiayai melalui BOSDA, BOSPROV, BOSNAS maka pembiayaan itu tercover. Keenam adalah managemen, managemen ini dominan dilakukan oleh Kepala Sekolah, dan semua Kepala Sekolah di Kutim  telah dikursuskan di Lembaga Pendidikan, Pelatihan,  dan Pengembangan Sumber Daya manusia (LP3S) di Solo, jadi hampir semua Kepala Sekolah Di Kutai Timur sudah punya sertfikat berarti dalam penyelenggaraan tidak ada masalah.

Terakhir Iman Hidayat mengungkapakan kekurangan-kekurangan yang saat ini dialami oleh Sekolah-Sekolah yang ada di Kutai Timu hanya ada dua, yakni ketenagaan guru-guru dan Infrastuktur. Dikatakan bahwa kekurangan ketenagaan akan dipenuhi ditahun 2015 ini, dan ole karena semua guru-guru yang disekolahkan harus lulus sehingga ketenagaan tidak ada masalah. Selanjut yang sekarang digodok selama dua hari ini dalam kegiatan tersebut adalah infarastruktur, infrastruktur itu kurang apa, jenis bangunan apa, berapa biayanya yang akan disusun dan diharapkan bisa selesai hari ini, sehingga di akhir tahun 2016 semua Sekolah-Sekolah sudah terakreditasi A.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments