Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdukcapil Kutim Sosialisasikan Administrasi Kependudukan Oleh Pemanfaatan Data Kependudukan

Disdukcapil Kutim Sosialisasikan Administrasi Kependudukan Oleh Pemanfaatan Data Kependudukan

(728 Views) Desember 1, 2017 11:39 am | Published by | No comment

Sangatta – Jum’at 1/12/2017, Bertempat di Kantor Bupati Kutai Timur pada Ruang Meranti, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Timur melakukan sosialisasi administrasi kependudukan oleh pemanfaatan data dan dokumen kependudukan untuk mendukung pelayanan publik (29/11). Dalam kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Mugeni, turut hadir juga perwakilan dari jajaran OPD serta perwakilan dari Kodim 0909 Sangatta, Lanal Sangatta dan Polres Kutim. Di pimpin oleh Wakil Bupati, Kasmidi Bulang, acara tersebut di awali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kepala Disdukcapil Kab. Kutim, Januar Harlian Putra Lembang Alam, sebagai ketua panitia kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan dalam laporannya, bahwa berdasarkan perubahan atas undang-undang no. 24 tahun 2013 terhadap perubahan undang-undang no. 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan yang antara lain mengamanatkan untuk memeberikan perlindungan, pengakuan, penentuan status pribadi, status hukum serta peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh warga negara Indonesia baik yang ada di dalam maupun luar negeri. Kemudian Januar HPLA melanjutkan, dengan adanya upaya dalam rangka mewujudkan nawacita pertama, dalam hal ini pemerintah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, dan melindungi melalui peningkatan pencatatan sipil,  maka Disdukcapil Kab. Kutim merasa perlu untuk melakukan sosialisai administrasi kependudukan.

 

(Voice – Kadisdukcapil, Januar HPLA)

 

Selanjutnya Kadisdukcapil Kab. Kutim, Januar HPLA menuturkan, bahwa berdasarkan undang-undang no. 24 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, maka semua pelayanan publik akan terfokus pada pelayanan tunggal yang berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

 

Didalam rangkaian sosialisai tersebut juga di lakuakan penandatanganan MOU untuk pembuatan Akta Kematian dan Kelahiran, dan perjanjian kerjasana pemanfaatan data NIK kepada Yayasan Kampung Hijau, Dewan Gereja Katolik Sanatta, Bidan Praktek Mandiri, RS. Ibu dan Anak Cahaya Sangatta, RS. Meloy, RS. Assisyifa, RS. Medika Sangatta, RS. Pupuk Kaltim Prima, PT. Pos Indonesia, Pengadilan Agama, Kemntrian Agama, Puskesmas Teluk Lingga, Dinkes, serta Bappeda. Penandatanganan MOU dan perjanjian kerja sama tersebut di saksikan oleh Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments