Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Disdukcapil Launching Kartu Identitas Anak (KIA) Dan Hari ini Cetak 1.600 KIA

Disdukcapil Launching Kartu Identitas Anak (KIA) Dan Hari ini Cetak 1.600 KIA

(5683 Views) Mei 10, 2017 5:23 pm | Published by | No comment

Sekretaris Daerah Irawansyah, secara simbolis menyerahkan KIA kepada Salsabila Azzara, salah satu murid  TK di Sangatta Utara.

Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, melaksanakan sosialisasi tentang Kartu Identitas Anak (KIA) dan secara resmi melaunching Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Kutai Timur, Rabu (10/5) bertempat diruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur.

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dipercaya oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksana penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dari 50 Kabupaten/Kota se Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor : 471.13-112 Tahun 2017, Kabupaten Kutai Timur merupakan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur untuk Pelaksana Penerbitan KIA.

Kepala Disdukcapil Kutim, Januar HPLA menjelaskan, KIA Sebagai wujud pengakuan kepada anak layaknya KTP Elektronik, KIA diberikan kepada anak usia 0 – 18 Tahun yang telah memiliki akte kelahiran.

Disdukcapil melakukan kerjasama dengan pengusaha dan perbankan, untuk penggunaan KIA. Hari ini, Disdukcapil mencetak 1.600 KIA, yang siap untuk dibagikan kepada anak-anak. Disamping itu, Disdukcapil juga memiliki program untuk pengurusan akte kelahiran usia 0 – 17 Tahun langsung mendapatkan KIA.

Insert : Januar (Kepala Disdukcapil)

Kegiatan tersebut, yang dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur,Irawansyah, ditandai dengan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada perwakilan anak-anak sekolah yang ada di Sangatta,

Irawansyah mengatakan, Sosialisasi dan launching yang dilaksanakan pada hari ini, bernilai strategis yang merupakan langkah maju dalam pelaksanaan pelayanan publik, dibidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dimana Kartu Identitas Anak (KIA) adalah wujud pemenuhan dan perlindungan hak anak sesuai konstitusi.

Insert : Sekda Irawansyah

Perlu diketahui, jumlah anak usia 0 tahun s/d 18 tahun, sebanyak 135.036 dan yang sudah memiliki akte kelahiran berjumlah 133.708 , tersisa 1.328 anak yang belum memiliki Akte Kelahiran. Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, dalam hal ini Disdukcapil telah mencapai target nasional penerbitan akte kelahiran anak 0 tahun s/d 18 tahun sudah melebihi target nasional, yaitu sebesar 77 persen, Tahun 2017, Kutai Timur penerbitan akte kelahiran mencapai 98 persen, yang dimiliki anak usia 0 s/d 18 tahun.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments