Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dishubkominfo Kutim Minta Bappeda Alokasikan Anggaran Penyelesaian Landasan Pacu Bandara Sangkima di APBD-P 2015

Dishubkominfo Kutim Minta Bappeda Alokasikan Anggaran Penyelesaian Landasan Pacu Bandara Sangkima di APBD-P 2015

(448 Views) Oktober 8, 2015 7:23 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kutai Timur berharap tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur bisa mengalokasikan anggaran penyelesaian landasan pacu (runway) bandara Sangkima, melalui anggaran belanja perubahan (APBD-P) Kutim 2015. Dengan adanya alokasi anggaran penyelesesaian bandara Sangkima ini, maka landasan pacu Bandara Sangkima dapat segera diselesaikan dan dapat segera digunakan untuk penerbangan perintis. Demikian diungkapkan Kepala Dishubkominfo Kutim Johansyah Ibrahim.

Didampingi Kabid Udara Chairudin, dikatakan bahwa studi kelayakan untuk bandara Sangkima telah selesai. Sekarang bagaimana TAPD Kutim mau mengalokasikan penyelesaian landasan pacu bandara sangkima ini, agar bandara ini dapat dipergunakan untuk penerbangan printis. Sehingga masyarakat Kutim tidak perlu ketergantungan lagi dengan bandara khusus milik PT Kaltim Prima Coal di Tanjung Bara.

Ditambahkan Chairudin, landasan pacu bandara Sangkima sebenarnya sudah ada, tinggal dilakukan pengerasan dan pengaspalan untuk bisa digunakan pesawat terbang. Sementara itu, saat ini Dishub Kutim juga tengah mengajukan persyaratan administrasi bandara Sangkima kepada Kementrian Perhubungan di Jakarta. Persyaratan Administrasi ini berupa Akte pendirian, buku pedoman pengoperasian bandar udara (Aerodrome Manual), serta tinggal membayar pemerimaan negara bukan pajak (PNBP) sebagai bukti untuk penerbitas sertifikasi. Sedangkan izin terbang bandara jalur udara bandara Sangkima saat ini sudah dimiliki namun masing digunakan bersama dengan Bandara Tanjung Bara milik PT KPC. Seiring dengan penyelesaian persyaratan penerbangan ini, Bappeda dan Dinas PU juga bisa menyelesaikan landasan pacu bandara Sangkima agar bisa dioperasikan.

Lebih jauh dikatakan Chairudin, harapan besar Bappeda mau mengalokasikan anggaran penyelesaian landasan pacu Bandara Sangkima ini. Terlebih saat ini status kawasan Sangkima menjadi prioritas dalam enclave Taman Nasional Kutai (TNK). Sebagai bandara perintis Sangkima kelak rencananya melayani penerbangan 30 site  dengan rute Sangatta-Samarinda, Sangatta-Balikpapan, Sangatta-Berau dan Sangatta-Mamuju.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments