Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Diskes Ajak Perusahaan Perangi Penyakit Kaki Gajah

Diskes Ajak Perusahaan Perangi Penyakit Kaki Gajah

(442 Views) September 16, 2015 9:13 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Kesehatan Kutai Timur akhirnya akan menyalurkan obat penyakit kaki gajah, ditengah dilema keterbatasan anggaran yang tersedia. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutim dr Aisyah didampingi Kabid P2PL M Yusuf, walaupun kondisi anggaran untuk penanganan penyakit kaki gajah atau filariasis di Dinkes Kutim jauh dari kata cukup, namun karena adanya edaran dari Menteri Kesehatan RI terkait Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) yang jatuh pada bulan Oktober mendatang, maka dengan keterbatasan anggaran yang ada Dinkes Kutim harus melakukan penyaluran obat kaki gajah ini ke desa-desa seluruh Kecamatan di Kutai Timur.

Dikatakan Yusuf, dalam strategi penyebaran dan memberian obat secara massal ini, Dinkes Kutim sudah mendapatkan rekomendasi dari Sekertaris daerah (Sekda) Kutai Timur untuk menugaskan dan membebankan tanggung jawab pemberian obat kepada Camat berkoordinasi dengan Puskesmas setempat dan merangkul Corporate Sosial Responsibility (CSR) tiap perusahaan yang beroperasi di setiap Kecamatan. Dengan adanya kerjasama pihak swasta atau perusahaan ini, maka diharapkan adanya kemudahan dalam hal pendanaan dalam melakukan penyebaran dan pemberian obat kaki gajah secara massal.

Lebih jauh dikatakan Yusuf, saat ini ada 453.800 tablet Albendazole yang merupakan obat cacing usus dan 1.134.000 tablet DEC yang merupakan obat kaki gajah, yang akan disalurkan ke desa-desa di 18 Kecamatan di Kutim . Bagi masyarakat yang belum terinfeksi penyakit kaki gajah maka sebagai langkah pencegahan wajib meminum kedua obat ini dengan dosis 1 kali dalam setahun. Sedangkan bagi masyarakat yang sudah mengidap penyakit kaki gajah, maka wajib mengkonsumsi obat dengan dosis 3 kali dalam sehari selama 12 hari berturut-turut. Pemberian obat ini tidak diberikan bagi Ibu hamil, penderita penyakit keras dan anak dibawah umur 2 tahun.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments