Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Distamben Kutim Dorong Pengusaha Lokal Bangun APMS di Pedalaman Kutim

Distamben Kutim Dorong Pengusaha Lokal Bangun APMS di Pedalaman Kutim

(448 Views) Agustus 30, 2016 10:23 am | Published by | No comment

Sangatta. Permasalahan ketersediaan dan suplai listrik kepada masyarakat khususnya di daerah pedalaman tidak lepas dari sulitnya pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM). Terlebih bagi beberapa desa yang masih bertumpu pada pembangkit listrik tenaga diesel, yang harus menggunakan BBM solar. Untuk itu, Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kutai Timur siap memberikan rekomendasi bagi pengusaha lokal yang berminat membangun agen pengisian minyak solar (APMS), khususnya di beberapa kecamatan yang kesulitan BBM.

Plt Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kutai Timur Aji Wijaya Effendi, mengatakan bahwa walaupun saat ini Distamben berada diujung peleburan intansi, namun hingga kini pihaknya melalui bidang migas masih memiliki kewenangan untuk memberikan rekomendasi bagi siapapun atau pengusaha yang benar-benar serius dalam membangun APMS khususunya di kecamatan yang saat ini cukup kesulitan pasokan BBM. Seperti kecamatan Sandaran dan Busang. Pihaknya mengajak pengusaha lokal setempat untuk mau berinvestasi di APMS. Terlebih bagi mereka yang selama ini berjualan BBM secara illegal. Ada baiknya usaha tersebut di legalkan dengan membangun APMS.

Lanjutnya, dengan adanya APMS maka otomatis wilayah tersebut memiliki kuota pasti untuk BBM, baik itu premium maupun solar. Dengan adanya kuota BBM tersebut maka pihaknya bisa menempatkan mesin diesel sebagai pembangkit tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. Tinggal bagaimana masyarakat setempat mengelola mesin diesel tersebut, apakah melalui badan usaha desa (BUMDes) atau swadaya. Namun pastinya, dengan adanya APMS selain ketersediaan BBM selalu ada dan murah juga mampu membantu menyediakan stok solar bagi mesin listrik masyarakat.

(Voice : Pertambangan Aji Wijaya – Rekomendasi APMS)

Lebih jauh dikatakan Aji Wijaya, hingga saat ini beberapa pengusaha lokal sudah menyatakan ketertarikannya untuk membangun APMS, khususnya di kecamatan Sandaran dan Busang. Namun hingga kini masih dalam proses penyiapan badan usaha dan melengkapi persyaratan lainnya. Sehingga nantinya tinggal mendapatkan rekomendasi dari Distamben Kutim untuk diteruskan kepada Pertamina.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments