Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Distanak Kutim Turunkan Tim Pengecekan Hewan Kurban

Distanak Kutim Turunkan Tim Pengecekan Hewan Kurban

(582 Views) September 16, 2015 9:07 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur, mulai hari ini sudah menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan kelayakan hewan kurban di wilayah Sangatta dan sekitarnya, apakah ternak yang ada layak diperjual belikan sebagai hewan kurban.

Dr hewan Ririn, yang merupakan salah satu tim pemerinsa hewan kurban, saat ditemui pagi tadi di salah satu tempat penjualan hewan kurban di Jalan AW Syahrani (ex Jalan Pendidikan), mengatakan bahwa tim dari Distanak Kutim akan melakukan pengecekan secara menyeluruh di semua setiap tempat penjualan hewan kurban di Kota Sangatta dan sekitarnya. Pemeriksaan dilakukan dua tahap yakni sebelum hewan kurban disembelih atau dipotong serta pengecekan organ dalam hewan saat usai dilakukan penyembelihan. Pemeriksaan kondisi fisik ternak baik sapi maupun kambing, dengan melihat mata dan dubur hewan,  apakah terjangkit penyakit berbahaya seperti antraks yang bisa menular kepada manusia, terjangkit cacing hati hingga diare.

Lanjut Ririn, jika memang ditemukan ada hewan yang tidak layak dikurbankan maka pihaknya akan memberikan surat keterangan tidak layak pada pedagang ternak tersebut dan memberikan tanda kepada hewan sakit tersebut. sementar jika layak jual dan dikorbankan, juga akan diberikan surat keterangan layak.

(voice)

Lebih jauh dikatakan dari dua lokasi yang sudah disambangi tadi pagi, tim pemeriksa belum menemukan hewan kurban yang bermasalah, sehingga pedagang hewan diberikan keterangan layak jual.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments