Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ditawari Solar Cell dari Korsel, Pemkab Kutim Masih Mau Fokus Selesaikan PLTGB

Ditawari Solar Cell dari Korsel, Pemkab Kutim Masih Mau Fokus Selesaikan PLTGB

(574 Views) April 8, 2015 9:11 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Hanjoong Plantec Corporate, salah satu perusahaan asal Korea Selatan mencoba mengenalkan teknologi Solar Cell yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik kepada pemerintah Kutai Timur. Perusahaan ini mengklaim bahwa saat ini dengan menerapkan solar cell sebagai, selain ramah lingkungan, tekhnologi ini dianggap sebagai yang termurah dalam upaya pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat.

Menurut Assisten Administrasi Umum Setkab Kutai Timur Edward Azran, pihak pemerintah tentunya akan melakukan penjajakan dan mempertimbangkan kerjasama dengan perusahaan Korsel tersebut. Selain itu, solar cell bukan lah barang baru di Indonesia apalagi di Kutai Timur. Namun perusahaan solar cell asal Korsel, merupakan perusahaan pertama yang melakukan presentasi di Kutim.  Diakui Edward, akibat keterbatasan dalam pemahaman bahasa, sehingga banyak persepsi yang kurang pas antara perusahaan Korsel ini selaku investor dengan pihak Pemkab Kutim.

Lanjutnya, jika memang memungkinkan kerjasama terjadi, Pemkab Kutim berencana membangun pembangkit listrik tenaga surya  (PLTS) atau solar cell ini dengan daya  9 mega watt. Namun tentunya ini akan terus dikaji, selain pertimbangan untung dan ruginya, saat ini pemerintah juga masih terfokus untuk menyelesaikan proyek pembangkit listrik tenaga gas batubara (PLTGB) di Kabo Jaya.

(voice)

Lebih jauh Edward menambahkan, saat ini kebutuhan listrik murah memang sangat diimpikan masyarakat Kutai Timur khusunya bagi mereka yang ada di pedalaman. Sementara baru 85 persen masyarakat Kutim yang bisa menikmati  listrik, itu pun hanya 55 persen yang menjadi pelanggan PLN, sisanya tentu dengan menyediakan listrik pribadi atau genset.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments