Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Ditutupnya Sejumlah Fasilitas Jembatan Timbang, dan Potensi Pungli, Menjadi Perhatian Dishub Kutim

Ditutupnya Sejumlah Fasilitas Jembatan Timbang, dan Potensi Pungli, Menjadi Perhatian Dishub Kutim

(362 Views) April 20, 2017 2:54 pm | Published by | No comment

Sangatta – Buruknya kondisi ruas jalan nasional, memang mencuat di seluruh daerah di Indonesia. Hal tersebut, menyebabkan usulan pembangunan fasilitas Jembatan Timbang, yang memang belum dimiliki sebagian daerah, menjadi topik pembahasan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perhubungan, di Jakarta, belum lama ini. Demikian diungkapkan,  Kepala Bidang Darat, Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur, Failu.

Failu menjelaskan, pembangunan dan pengelolaan fasilitas jembatan timbang, nantinya akan ditangani oleh Pemerintah Pusat. Sehingga menyebabkan, Pemerintah Daerah menjadi kebingungan. Apakah fasilitas tersebut, nantinya setelah terbangun akan tetap dikelola oleh pusat atau diserahkan kepada daerah.

Belum lagi, permasalahan potensi terjadinya pungutan liar (Pungli), terus menghantui dalam pengelolaan jembatan timbang. Kasus terjadinya pungli oleh petugas jembatan timbang di sejumlah daerah, menyebabkan ditutupnya sejumlah fasilitas jembatan timbang. Hal tersebut, menjadi perhatian khusus Dishub Kutim. Namun, Ia mengakui, usulan pembangunan fasilitas Jembatan Timbang di Kutai Timur, sudah diajukan dan saat ini sedang dalam tahap kajian Pusat.

Insert : Kabid Darat Dishub Kutim, Failu

Lebih jauh Failu menjelaskan, dalam pembangunan jembatan timbang tidak hanya sekedar membangun fasilitas utamanya saja. Namun, Pemerintah juga perlu memikirkan fasilitas penunjang. Terutama gudang atau wadah penitipan dan penyimpanan barang-barang, hasil penertiban dari kendaraan-kendaraan yang over muatan. Sehingga barang-barang yang diamankan, tetap aman dan terjaga kondisinya selama dalam pengawasan pengelola jembatan timbang.

Voice : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments