Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD BULUNGAN ‘BELAJAR’ KE KUTIM

DPRD BULUNGAN ‘BELAJAR’ KE KUTIM

(420 Views) Juni 22, 2016 7:40 am | Published by | No comment

SANGATTA – Memiliki geografis yang sama dengan Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Komisi gabungan DPRD Kabupaten Bulungan melakukan kunjungan kerja ke Kutim.  Kunjungan kerja ini untuk ‘belajar’ atau membandingkan pelayanan kesehatan perifer (daerah terluar/terjauh) pada dinas kesehatan Kutim. Dengan delapan belas kecamatan, Kutim sudah memiliki 21 puskesmas dengan dokter umum yang tersebar di kecamatan dan sudah memiliki tujuh rumah sakit (Satu Rumah Sakit Daerah dan enam rumah sakit swasta), Kutim juga memiliki satu rumah sakit pratama. Hal tersebut menjadi perhatian para anggota DPRD Bulungan karena dengan jumlah tersebut terhitung banyak dibandingkan dengan Kabupaten Bulungan yang baru memiliki satu rumah sakit daerah.

Dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bulungan Faisal Fikri, Rombongan berjumlah sebelas anggota DPRD tersebut diterima langsung oleh Bupati Kutai Timur Ismunandar di ruang Arau Kantor Bupati Kutim. Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Aisyah melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Haryati memaparkan kondisi Kutim yang saat ini memiliki sasaran pokok pembangunan kesehatan dengan meningkatkan akses dan mutu kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan terbatas, dengan tujuan meningkatkan pelayanan kesehatan secara berkualitas, berkeadilan dan terjangkau.

Haryati mengatakan, semua masyarakat baik di pendalaman maupun di kota mendapat pelayanan yang sama. Pelayanan standar juga ditunjukkan dengan rujukan untuk masyarakat di pedesaan dan daerah terpencil yang memiliki jarak tempuh lebih dekat ke Rumah Sakit Provinsi seperti Batu Ampar, Busang, Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Long Masengat akan langsung di rujuk ke RS. Wahab Syahrani di Samarinda tanpa melewati RS. Kudungga

Ditemui usai rapat, Faisal  Fikri mengatakan, apa yang diterapkan di Kutai Timur akan diterapkan di Kabupaten Bulungan. Karena di Kutai Timur sudah memiliki pelayanan yang kesehatan cukup maksimak dengan cakupan wilayah yang sangat luas.

Berbagai peningkatan mutu kesehatan juga dilakukan di Kutim baik dengan terus melakukan perbaikan fasilitas puskesmas maupun dari tenaga sumberdaya manusianya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments