Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD Kutai Timur Tampik Tak Akomodir Ajuan Dana Taktis Bencana oleh BPBD Kutim

DPRD Kutai Timur Tampik Tak Akomodir Ajuan Dana Taktis Bencana oleh BPBD Kutim

(702 Views) Maret 25, 2015 9:34 pm | Published by | 2 Comments

mSangatta. Ketua DPRD Kutim Mahyunadi membenarkan jika saat ini pihaknya belum memberikan dana taktis atau dana cadangan bencana kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur. Namun menurutnya bukanya tidak ada sama sekali, karena memang dana cadangan bencana ini tidak di poskan di BPBD namun di bagian lain, seperti di Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan.

Ditemui awak media di ruang kerjanya, Mahyunadi menjelaskan, sebagai instansi yang baru terbentuk dan baru ditetapkan Perda organisasinya, memang BPBD Kutim hanya diberikan anggaran operasional dan administrasi kantor saja. Selain itu, BPBD Kutim juga sudah menerima bantuan dana operasional bencana dari BNPB Provinsi dan Pusat. Menurutnya jika kemudian hari menurut  BPBD, dana bantuan BNPB ini dirasa tidak cukup maka dipersilahkan untuk mengajukan kepada DPRD untuk dianggarkan.

Menurut Mahyunadi, khusus di Kutim sendiri, memang tidak memiliki potensi bencana ekstrim, seperti tsunami dan gunung berapi, sehingga jika pihaknya ingin mengalokasikan dana bencana, kemungkinan tidak terlalu besar.

Namun menurutnya, kesemua itu terkembali pada hasil evaluasi kinerja BPBD Kutim tahun ini. Jika diketahui bahwa dana cadangan bencana ini memang harus di poskan di BPBD maka, pihaknya siap untuk menggarkannya pada tahun depan.

(voice)

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kepala BPBD Kutim Zainuddin Aspan mengeluh bahwa pihaknya tidak memiliki dana taktis atau dana cadangan bencana. Dana ini sudah diajukan kepada DPRD Kutim namun tidak direalisasikan. Sementara jika terjadi bencana seperti banjir atau musibah kebakaran, pihaknya menggunakan dana dari forum peduli bencana daerah yang merupakan bentukan BPBD Kutim dan CSR perusahaan  swasta yang ada di Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

2 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments