Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD Siap Tindak Lanjuti Masalah PDAM Kecamatan Sandaran

DPRD Siap Tindak Lanjuti Masalah PDAM Kecamatan Sandaran

(517 Views) Juni 23, 2016 7:20 am | Published by | No comment
Sangatta. Permasalahan air bersih yang melanda Kecamatan Sandaran, mendapat respon anggota DPRD Kutim, Harpandi.
Harpandi yang berasal dari zona pemilihan lima, yakni Sangkulirang, Sandaran dan Karangan tersebut, kepada media ini mengatakan diri akan segera memfollow up permasalahan krisis air bersih yang terjadi di Kecamatan Sandaran. Dikatakan, dirinya akan mencari tahu apa penyebab usulan pemindahan sumber air baku untuk Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Sandaran dari Sungai Manubar ke Sungai Tadoan tersebut tertolak dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kutai Timur, kemarin. Apakah ada faktor alam atau permasalahan fasilitas dan prasarana lainnya.
Lanjut Politisi Partai Demokrat ini, dirinya akan segera berkomunikasi dengan Camat Sandaran terkait usulan tersebut. Karena diakuinya, hingga saat ini belum ada laporan masuk dari Camat Sandaran terkait permasalahan IPA Sandaran. Selain itu, dirinya juga akan segera berkomunikasi dengan pihak Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, mengapa usulan tersebut bisa tertolak dalam musrenbang.
(Voice : DPRD Harpandi – Follow up Petmasalahan IPA Sandaran)
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Camat Sandaran Muhammad Taher Pekang, mengaku jika usulan pemindahan sumber air baku PDAM Sandaran dari Sungai Manubar ke Sungai Tadoan, tertolak dalam usulan Musrenbang Kutim, beberapa waktu lalu. Padahal ujarnya, selama beroperasi, PDAM Sandaran hanya mampu melayani 2 RT di Desa Manubar. Sementara desa-desa lainnya tidak pernah mendapatkan layanan air bersih. Hal ini karena kapasitas air baku sungai manubar yang dianggapnya sedikit serta posisi sungai yang berada lebih rendah dari laut. Sehingga jika laut sedang pasang maka air yang di salurkan ke warga adalah air asin. Sementara Sungai Tadoan, memiliki kapasitas air yang cukup besar dan jika dimanfaatkan mampu melayani 3 Desa di Kecamatan Sandaran. Yakni Desa Tadoan, Desa Manubar dan Desa Manubar Dalam. Hanya saja jarak antara IPA Sandara ke Sungai Tadoan sekitar 18 km.
Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments