Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » DPRD Kutim Terapkan SOP Pembentukan Perda

DPRD Kutim Terapkan SOP Pembentukan Perda

(2303 Views) Maret 14, 2017 6:36 am | Published by | No comment

Sangatta – Peraturan Daerah (Perda) yang merupakan produk hukum DPRD, selama ini menjadi momok bagi pemerintah. Hal tersebut lantaran jalan panjang harus dilalui melalui usulan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), sebelum akhirnya menjadi Perda.

Demi perbaikan bersama, DPRD Kutai Timur mengeluarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pembentukan Perda. Jika selama ini progres Perda tidak ada tenggat waktunya, kini dengan adanya SOP, satu perda hanya memakan waktu dua bulan.

Menurut Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kutim, Mastur Djalal, lima Raperda yang diusulkan oleh Pemerintah, pada Rapat Paripurna ke-5, akan menjadi pilot project berjalannya SOP tersebut. Belajar dari pengalaman, dari seluruh rangkaian  Perda lainnya. Pada tahap pembahasan di panitia khusus (Pansus) lah memakan waktu lama. Dengan diterapkannya SOP tersebut, DPRD Kutim akan semakin profesional.

Insert: Mastur Djalal (Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Kutim)

Lebih lanjut, Mastur menambahkan, agar SOP pembentukan Perda dapat berjalan maksimal dan memudahkan anggota dewan dalam bekerja, maka seluruh anggota badan pembentukan peraturan darah, yang terdiri dari seluruh fraksi di DPRD Kutim, akan dimasukkan dalam pansus suatu Perda dan diusulkan sebagai koordinator.

Voice : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments