Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dukung Acara Lom Plai, Wakil Bupati Usul Bangun Home Stay

Dukung Acara Lom Plai, Wakil Bupati Usul Bangun Home Stay

(550 Views) April 10, 2017 1:53 pm | Published by | No comment

Salah satu rangkaian acara Lom Plai Tebak Teberau (Tari Perang Perahu) diikuti Pemuda-Pemuda Suku Dayak Wehea Desa Nehas Liah Bing (RPDKUTIM/Wak Hedir)

Sangatta – Untuk mendukung kegiatan Pesta Adat Lom Plai (Pesta Panen) Suku Dayak Wehea di Desa Nehas Liah Bing Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur. Wakil Bupati usul kepada Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Kutim, kedepan agar dapat membangun Infrastruktur penunjang kegiatan Lom Plai,  seperti dermaga-dermaga, jalan dan paling penting adalah Home Stay, bagi tamu-tamu dari luar. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang saat diemui awak media, saat mengahadiri Pesta Adat Lom Plai, di Desa Nehas Liah Bing, Kecamatan Muara Wahau. Sabtu (8/4/17).

Menurut Kasmidi Bulang, antusias masyarakat setempat dan tamu dari luar sangat banyak, sehingga tempat-tempat (pondok) yang disediakan oleh warga setempat, ternyata tidak cukup untuk menampung masyarakat yang ingin menyaksikan langsung keseruan, Tari Perang Perahu dan Lomba Dayung, seperti yang terlihat pada pelaksanaan kegiatan tersebut.

Lebih lanjut, Kasmidi menjelaskan kedepan Dinas terkait perlu membangun Home Stay, khusus bagi tamu-tamu undangan dari luar. Karena  selama ini, mereka tidak menginap dipenginapan dan hanya menginap dirumah-rumah warga. Home Stay tersebut nanti akan diperuntukan bagi siapa saja yang datang dari luar, namun harus bisa dirawat dengan baik.

Disamping itu, Home Stay tersebut menjadi aset Desa  dan bisa menjadi PAD bagi Desa. Karena pengunjung kebanyakan dari luar Kutim, ada yang dari Kaltim dan luar Kaltim bahkan luar negeri, untuk menyaksikan Pesta Adat Lom Plai.

Insert : Wakil Bupati

Perlu di Ketahui, Lom Plai dalam diterjemahkan Bahasa Indonesia, artinya pesta atau dalam bahasa kutai biasa disebut sebagai Erau. Lom Plai artinya pesta syukur panen.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments