Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Enam Kecamatan di Kutim, Merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939

Enam Kecamatan di Kutim, Merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939

(586 Views) Maret 27, 2017 5:51 pm | Published by | No comment
 foto oleh Wakhaidir

I Gusti Bagus Oka                       foto oleh Wakhaidir

Sangatta – Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kutai Timur, I Gusti Bagus Oka, mengatakan dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939, di Kutim dirayakan di enam Kecamatan, yakni Sangatta Utara yang dipusatkan di Pura Dharma Jagatnatha, Bumi Etam Swarga Bara, Kaliorang di Desa Bukit Makmur dan Desa Bumi Sejahtera, Kaubun di Desa Bumi Rapak, dan Desa Mata Air, Kecamatan Kongbeng di Desa Sido Mulyo dan Desa Sukamaju, Kecamatan Rantau Pulung dan Kecamatan Long Mesangat.

Oka mengatakan keenam kecamatan tersebut telah merayakan rangkaian hari raya nyepi, mulai dari kemarin, dan sampai saat ini sudah terlaksana pengarakan ogoh-ogoh dan tawur agung kesanga. Rangkaian Hari Raya Nyepi telah dimulai dari tanggal 26 Maret 2017, Umat Hindu di Sangatta telah melaksanakan Melasti di Teluk Lombok. Selanjutnya kecamatan yang lain menyesuaikan keadaan topografi daerahnya masing-masing.

Untuk pengarakan ogoh-ogoh sendiri, Oka menjelaskan dilaksanakan di dua tempat yakni di Sangatta Utara dan Desa Bumi Rapak di Kecamatan Kaubun, yang berlangsung pukul 14.30 wita.

Setelah pengarakan ogoh-ogoh, umat Hindu yang ada di Kutai Timur akan melaksanakan upacara Tawur Agung Kesanga, mulai pukul 18.00 wita. Selanjutnya besok 28 maret 2017, Catur Batu Penyepian, yang akan  dilaksanakan seluruh umat selama 24 jam.  Terakhir adalah Ngembak Geni yang dirangkaikan dengan rasa syukur umat Hindu di Kutim, bahwa Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939 akan dilhat tanggal 29 maret 2017.

Lebih lanjut, ia mengatakan situasi keamanan untuk perayaan hari raya nyepi cukup aman dan khidmat, serta sangat didukung oleh masyarakat sekitar. Adapun anggaran yang telah digunakan seluruh umat Hindu di  Kutim adalah swadaya umat, dan bantuan beberapa Perusahaan yang ada di sekitar.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments