Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Gaji Dokter Umum di Perkotaan Tidak Bisa Disamakan Dengan Gaji Dokter di Dearah Pinggiran

Gaji Dokter Umum di Perkotaan Tidak Bisa Disamakan Dengan Gaji Dokter di Dearah Pinggiran

(6875 Views) April 5, 2017 4:29 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Bidang Sumberdaya Dinas Kesehatan Kutim, Haryati membenarkan bahwa di Kutim memang ada kekurangan dokter umum. Salah satu strategi untuk mengatasinya adalah dengan menaikan gaji dokter. Karena gaji dokter S1 beda dengan S1 umum. Karena S1 umum digolongkan dalam S1 administrasi. Sedangan dokter umum memiliki kompetisi yang berbeda dan mempunyai keahliaan tehnis tersendiri.

Haryati menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan studi banding ke Kota Bangun terkait dengan penggajian dokter. Dari Kota Bangun didapatkan bahwa dokter umumnya gajinya 12 juta rupiah perorang, namun tidak membuka praktek.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, di Kabupaten Kutai Timur, khususnya untuk RS Pratama Sangkulirang, gaji dokter umum disamakan dengan gaji dokter umum di Kota Bangun yakni 12 juta rupiah. Karena Rumah Sakit Pratama merupakan program Pemerintah Pusat, untuk daerah pinggiran dan kurang diminati.

Namun, untuk Rumah Sakit Umum Kudungga Sangatta, Ia mengakui ada perbedaan, karena mereka bisa berpraktek diluar. Selain itu, RSUD Kudungga termasuk lokasi perkotaan, jadi susah untuk disamakan dengan gaji 12 juta. Gaji 12 juta sudah ada aturan hukumnya, karena bertugas didaearh terpencil.

Insert : Haryati (Kepala Bidang Sumberdaya Dinas Kesehatan Kutim)

Lebih jauh, Haryati mengungkapkan, untuk Puskesmas Diskes Kutim juga  telah melakukan kajian. Karena Puskesmas ada 3 wilayah yakni perkotaan, perdesaan dan terpencil. Dari kajian yang telah dibuat kajian, bahwa dokter umum di Puskesmas digaji 6 juta rupiah, khususnya yang berada dipinggiran. Selain itu, mereka masih bisa membuka praktek.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments