Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Geser Ketergantungan Tambang Dengan Agrobisnis Dan Agroindustri

Geser Ketergantungan Tambang Dengan Agrobisnis Dan Agroindustri

(525 Views) September 22, 2016 2:07 pm | Published by | 1 Comment

2

Sangatta – Peningkatan Pendapatan Daerah melalui Agrobisnis dan Agroindustri akan terus dikembangkan, hal tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan ketergantungan pemeritah Kabupaten Kutai Timur terhadap hasil tambang.

Dalam Tanggapan Pemerintah terhadap pemandangan umum fraksi demokrat dalam nota pengantar kebijakan Anggaran Umum (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Kutai Timur Tahun 2017 yang memberikan dukungan pemerintah untuk menggeser ketergantungan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dengan sektor agrobisnis dan agroindustri, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi  Bulang mengatakan, bahwa pemerintah juga memiliki pemikiran yang sama. Untuk itu, pembangunan mulai dari desa mutlak harus dilakukan melalui kebijakan penyaluran dua sampai dengan lima Milyar perdesa.

Ditemui usai membacakan pandangan pemerintah, Kasmidi mengatakan, dengan kondisi keuangan saat ini salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan peningkatan PAD , karena dengan PAD pendataan akan langsung diterima daerah. Menurutnya masih banyak sumber-sumber yang dapat dijadikan sumber PAD. Pemerintah akan duduk bersama dengan DPRD untuk membuat peraturan-peraturan daerah terkait PAD.  Untuk Target PAD harus naik lima puluh persen dari tahun-tahun sebelumnya.

( Voice : Wakil Bupati, Kasmidi Bulang )

Sampai dengan saat ini Kabupaten Kutai Timur masih mengandalkan dana bagi hasil pajak dan royalti dari pemerintah pusat pada anggaran pendapatan daerah, dengan adanya penurunan penerimaan pajak dan royalti maka Kutai Timur juga mengalami dampaknya. Mengatasi hal tersebut daerah harus memiliki sumber-sumber PAD.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments