Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Herlang : Negara Wajib Hadir dalam Upaya Penyelamatan Anak Bangsa

Herlang : Negara Wajib Hadir dalam Upaya Penyelamatan Anak Bangsa

(1648 Views) Juni 23, 2016 1:22 am | Published by | 234 Comments

Sangatta. Masih terjadinya praktek prostitusi di Kabupaten Kutai Timur pasca penutupan seluruh lokalisasi prostitusi di kaltim pada 1 Juni lalu oleh Gubernur Kaltim, menurut anggota DPRD Kutai Timur Herlang Mapatitti, perlu disikapi dengan bijak.

Menurut Politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini, pemerintah Kutim perlu menyikapi dengan bijak. Hal ini karena negara memiliki kewajiban dalam upaya penyelamatan anak bangsa, tanpa perlu memandang latar belakang dan profesi mereka. Termasuk pelacur atau pekerja seks komersial (PSK). Walaupun bukan warga asli Kutai Timur, namun Undang-undang sudah mengatur untuk melindungi seluruh warga negara.

Lanjutnya, walaupun secara aturan bahwa praktek prostitusi harus ditutup, namun pemerintah tetap harus memikirkan secara manusiawi dan sosialnya. Maka tidak boleh melupakan hal tersebut karena alasan para wanita ini hingga terjerumus ke dunia prostitusi adalah karena faktor ekonomi. Karenanya, negara harus hadir untuk memberi dan memikirkan langkah-langkah bagaimana kelanjutan nasib dan masa depan mereka yang sudah meninggalkan dunia prostitusi tersebut. Disinilah fungsi DPRD dan Pemerintah Daerah (Pemda) harus ada untuk mereka.

Walaupun dalam aturan saat ini tidak lagi ada kewajiban Pemerintah dalam memberikan kompensasi bagi PSK yang lokalisasinya ditutup pemerintah secara sesmi, namun Herlang mengatakan masih ada cara lain agar nasib mereka ini kedepan masih terjamin. Seperti dengan melakukan pembinaan melalui panti sosial. Untuk itu, dirinya berharap pemerintah Kutim melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kutim, kedepan bisa menganggarkan pembangunan panti sosial. Karena dengan adanya panti sosial ini, buka hanya mantan PSK saja yang bisa diberikan pembekalan keterampilan yang akan berguna sebagai mata pencaharian mereka setelah tidak lagi menjadi pelacur, namun juga termasuk pembinaan terhadap anak-anak jalanan (Anjal).

(Voice : DPRD Herlang – PSK)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

234 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments