Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jalani Sidang Perdana, Kurir Sabu 14 kg Didakwa Hukuman Mati

Jalani Sidang Perdana, Kurir Sabu 14 kg Didakwa Hukuman Mati

(4345 Views) Oktober 20, 2016 9:09 pm | Published by | No comment

dua-pengedar-sabu-ditangkap

Sangatta. Pengadilan Negeri (PN) Sangatta, Kamis (20/10) siang, menggelar sidang perdana kasus penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 14 kilogram dengan terdakwa Galeh Widigdo als Eddo dan Suwardi. Sidang perdana tadi dipimpin majelis hakim Tornado Edmawan dan hakim anggota Marjani Eldiarti dan M Riduansyah.

Dalam pembacaan dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) M Mahdi dan Heriansyah, keduanya didakwa dengan Undang-undang 35 tahun 2009 tentang Narkotika pasal 112 dan 114 ayat 2 junto pasal 132, dengan ancaman hukuman maksimal yakni hukuman mati dikarenakan keduanya diketahui tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan Narkotika Golongan I dalam bentuk bukan tanaman yang beratnya melebihi 5 (lima) Gram dengan pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana Narkotika. Namun karena kedua terdakwa tidak didampingi penasehat hukum, sehingga Tornado Edmawan selaku ketua majelis hakim, menunjuk tim penasehat hukum (pledoi) untuk mendampingi kedua terdakwa tersebut. Demikian diungkapkan JPU M Mahdi, usai persidangan.

Lanjut Mahdi, rencananya persidangan akan dilanjutkan kembali, Kamis (27/10) pekan depan, dengan agenda persidangan yakni mendengarkan keterangan saksi dari pihak kepolisian yang melakukan penangkapan saat terjadi razia di lapangan. Terkait dengan dakwaan yang diajukan kepada kedua tersangka, Mahdi mengatakan memang sudah sesuai denganUndang-undang Nrkotika yang berlaku. Akan tetapi semuanya tergantung pada fakta yang nantinya terungkap di dalam persidangan. Apakah kedua terdakwa ini benar-benar secara meyakinkan terbukti memiliki 14 kilogram narkotika sabu tersebut ataukah hanya sekedar kurir saja.

(Voice : Kejaksaan M Mahdi – Sidang Perdana 14 Kg)

Sebagaimana diketahui, kedua terdakwa ini, Sabtu (2/7) lalu, diamankan polisi dalam sebuah razia cipta kondisi (Cipkon) di Simpang 3 Perdau, Jalan Poros Sangatta – Bengalon, Kecamatan Bengalon, dengan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 14 ball dengan berat total 14 kilogram yang disimpan di dalam sebuah jerigen air plastik berukuran 30 liter yang di tempatkan di kursi belakang sebuah mobil kijang innova hitam. Rencanaya, narkotika sabu yang kemudian diketahui berasal dari Malaysia tersebut hendak diantar ke seseorang pemesan di Kota Samarinda.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments