Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Jelang Idul Adha Distan Kutim Periksa Kesehatan Hewan

Jelang Idul Adha Distan Kutim Periksa Kesehatan Hewan

(172 Views) Agustus 2, 2019 5:29 am | Published by | No comment

Sangatta – Jelang Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), melalui Dinas pertanian Kutai Timur, melakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Hal ini dilakukan untuk memastikan hewan yang dijual oleh para pedagang dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Pemeriksaan tersebut dilakukan di dua kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, ada dua belas (12) titik lokasi yang menjadi tempat pemeriksaan. tujuh lokasi di Sangatta Utara dan lima lokasi di Sangatta Selatan. tempat ini dipilih dikarenakan para pedagang sapi maupun kambing biasanya menjajakan dagangannya. ada sekitar 27 peternak dan pedagang hewan kurban telah dicek sejak sepekan lalu

Setidaknya ada 800 ekor sapi dan 700 ekor kambing yang telah diperiksa dan telah dinyatakan sehat dan aman, yang ditandai dengan pemasangan label sehat pada setiap hewan yang telah melalui pemeriksaan.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteran (Kasi Keswan dan Kesmavet) Dinas Pertanian Kutim, Drh Cut Meutia, di temui saat mengecek kesehatan hewan qurban di Jalan A.W Syahranie Sangatta Utara menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan tersebut berupa kesehatan fisik seperti keadaan bola mata, kuping hidung dan gigi. Kemudian, setelah hari H, pihaknya akan kembali melakukan pemeriksaan khususnya untuk organ bagian dalam seperti, meliputi kondisi hati, jantung, paru-paru, ginjal dan organ bagian dalam lainnya. Apabila ditemukan kelainan dan cacing hati maka organ tersebut harus disingkirkan karena tidak layak untuk dikonsumsi.

Ditambahkan olehnya, sapi qurban di Kutim tahun ini rata- rata masih disuplai dari Sulawesi. selain itu, untuk pasokan sapi tahun ini meningkat sehingga di perlukan dua tahap pemeriksaan, yakni pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dilakukan pemotongan (ante mortem) dan pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan (post mortem).

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments