Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jelang Lebaran dan Tahun Ajaran Baru 2015, Aktivitas Gadai Meningkat 60 Persen

Jelang Lebaran dan Tahun Ajaran Baru 2015, Aktivitas Gadai Meningkat 60 Persen

(501 Views) Juli 9, 2015 7:43 am | Published by | No comment

Sangatta. Demi memenuhi kebutuhan berlebaran seperti membeli pakaian dan bahan pangan, banyak cara dilakukan masyarakat untuk mendapatkan dana atau uang, diantaranya dengan melakukan gadai barang berharga mereka seperti emas atau barang elektronik hingga kendaraan bermotor.

Menurut Kepala Pengadaian Cabang Sangatta, Sugiyanta, jelang lebaran yang berbarengan dengan momen tahun ajaran baru bagi anak sekolah, terjadi peningkatan aktivitas pegadaian yang dilakukan warga Sangatta antara 40 hingga 60 persen. Sementara jenis barang yang digadaikan masyarakat, untuk wilayah Kutim 95 persen didominasi emas mulia.

Lanjutnya pada masa normal di luar momen lebaran atau tahun ajaran baru, 70 persen masyarakat melakukan pegadaian untuk keperluan usaha atau modal. Sedangkan 10 persennya untuk biaya pendidikan dan 20 persen untuk keperluan sehari-hari atau untuk memenuhi kebutuhan konsumsi. Pada semester pertama hingga Juli tahun ini, terjadi peningkatan aktivitas pegadaian antara Rp21 Miliar hingga Rp22 Miliar, atau meningkat Rp4 Miliar dari awal tahun 2015 yang hanya Rp19 Miliar. Sedangkan untuk rata-rata omzet pertahunnya jika diakumulasikan mampu mencapai Rp65 Miliar.

(voice)

Lebih jauh Sugiyanta mengatakan, masyarakat lebih memilih menggadaikan barang berharga milik mereka di Pegadaian karena selain aman dan ringan dalam angsuran, juga karena kini Pegadaian telah dilengkapi dengan sistem online sehingga masyarakat dapat memperpanjang gadaian mereka dimana saja tanpa harus di kantor cabang asal mereka menggadaikan barang. Selain itu, nasabah juga akan mendapat pemberitahuan melalui pesan singkat atau ditelepon oleh petugas pegadaian jika sudah memasuki berakhirnya waktu bayar angsuran atau sebelum barang dilelang. Sehingga relatif tidak terlalu menyita waktu dan tempat karena kesibukan sehari-hari.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments