Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jika Layak, Jembatan Masabang Bisa Dibangunkan

Jika Layak, Jembatan Masabang Bisa Dibangunkan

(479 Views) Maret 23, 2016 9:02 am | Published by | No comment

Sangatta. Kebutuhan masyarakat khususnya warga Masabang Ulu Kecamatan Sangatta Selatan akan kemudahan akses infrastruktur seperti jembatan penghubung antara Sangatta Selatan dan Sangatta Utara, sepertinya mendapatkan mendapatkan respon positif dari Pemerintah Kutim. Pasalnya permintaan masyarakat untuk dibangunkan jembatan penghubung ini langsung di respon Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang, saat meninjau lokasi kebakaran yang menimpa warga Masabang Ulu Kecamatan Sangatta Selatan, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur Suprihanto yang didampingi Kabid Infrastruktur dan Sarana Prasarana Sumarjana, mengatakan jika memang merupakan kebutuhan masyarakat dan layak dibangun, maka tidak ada alasan bagi Pemerintah Kutim untuk tidak membangunkan jembatan ini.

Kepada awak media dikatakan, untuk pembangunan infrastruktur, tentu harus diawali dengan adanya studi kelayakan atau Fisibility Study (FS).  Hasil FS inilah yang nantinya akan langsung merekondasikan bahwa selain jembatan ini layak dibangun juga sekaligus lokasi pembangunannya. Bahkan ada baiknya jika FS nanti juga termasuk responsi dari masyarakat setempat. Setelah FS ini selesai barulah akan disusun Detail Engenering Desain (DED) lengkap dengan amdalnya.

Dijelaskan Sumarjana, jika memang FS dan DED memakan waktu hingga 2 tahun maka pembangunan jembatan Masabang ini baru akan dimulai pada tahun ketiga masa pemerintahan Ismu-KB. Tetapi bisa juga pengerjaan akan molor hingga tahun keempatnya. Terganjung seberapa panjang proses dan tahapan perencanaan yang dilalui. Terlebih jika memang masuk dalam perencanaan RPJMD Kutim 2016-2021 dan menjadi prioritas, maka proses pembangunan jembatan Masabang ini dapat segera dikerjakan.

(Voice : Bappeda Sumarjana – Pembangunan Jembatan Masabang)

Kebutuhan masyarakat untuk dibangunkannya Jembatan Masabang, penghubung antara Sangatta Utara dan Sangatta Selatan ini tercuat saat terjadi musibah kebakaran yang melanda warga Masabang Ulu Kecamatan Sangatta Selatan. Dalam kebakaran tersebut 7 rumah ludes terbakar dan 8 KK dan 30 jiwa kehilangan tempat tinggal. Sementara mobil pemadam kebakaran dari Sangatta Selatan yang hanya 1 unit diangap kurang. Akibat tidak adanya jembatan penghubung terdekat dengan wilayah mereka, warga menganggap mobil bantuan PMK Sangatta Utara datang terlambat untuk membantu proses pemadaman api.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments