Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jum’at Beramal Ajarkan Anak Berjiwa Sosial Sejak Dini

Jum’at Beramal Ajarkan Anak Berjiwa Sosial Sejak Dini

(618 Views) Oktober 26, 2017 4:58 pm | Published by | No comment

 

Sangatta – Penerapan program Jum’at beramal dlingkungan sekolah merupakan salah satu pendidikan untuk mengajarkan anak berjiwa sosial sejak usia dini. Program yang bersifat anjuran kepada para anak didik tersebut, mengajarkan anak untuk berinfaq dengan uang yang dimilikinya tanpa ada batasan besaran yang ditentukan. Nantinya dana yang terkumpul dari Jum’at beramal tersebut akan kembali digunakan untuk berbagai kegiatan di dunia pendidikan.

Menurut Wakil I Baznas Kutai Timur, Sururi, Jum’at beramal merupakan infaq terikat yakni infaq yang diikutkan tujuannya di dunia pendidikan, tidak hanya pada pemberian beasiswa namun untuk kebutuhan dunia pendidikan lainnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, Program jum’at beramal dilakukan di hari Jum’at, namun jika tidak memungkinkan bisa dilakukan dihari lain. Infaq yang diberikan berupa uang, menurutnya dari uang dua ribu rupiah yang diberikan, dapat bermanfaat besar jika dapat didayagunakan. Jika dikalkulasikan, seandainya setiap sekolah memasukkan koin per minggunya dengan total dua ratus lima puluh ribu rupiah maka sebulan dapat mengumpulkan satu juta rupiah, jika dikumpulkan dalam satu kecamatan, dapat mengumpulkan hingga seratus juta rupiah.

Hasil dari program Jum’at beramal nantinya akan digunakan untuk dunia pendidikan seperti dana beasiswa maupun untuk kebutuhan anak seperti keperluan sekolah ataupun juga untuk pembangunan mushollah dilingkungan sekolah, serta untuk kepentingan sekolah lainnya.

Dengan membiasakan anak beramal sejak usia dini, dapat membentuk karakter anak menjadi anak yang berjiwa sosial sampai usia dewasa.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments