Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Karang Taruna Kutim dan GMNI Kutim Tolak Pemangkasan Anggaran Daerah Oleh Pusat

Karang Taruna Kutim dan GMNI Kutim Tolak Pemangkasan Anggaran Daerah Oleh Pusat

(497 Views) Agustus 15, 2016 8:43 am | Published by | No comment

Sangatta. Ratusan masyarakat Kutai Timur yang dikomandoi Karang Taruna Kutai Timur dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kutim, pagi ini meluruk ke kantor Bupati Kutim dan mengelar aksi demonstrasi di depan pintu masuk kantor Bupati Kutim. Dalam aksinya, sambil membentangkan beberapa spanduk, ratusan masyarakat ini menolak pemangkasan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat kepada daerah, khususnya kutai Timur. Terlebih saat ini Kutim merupakan salah satu daerah penyuplai terbesar batubara dan migas (minyak dan gas bumi) di Indonesia.

Menurut Ketua Karang Taruna Kutim, Halim Bahri, selaku koordinator demo, aksi ini merupakan puncak dari keresahan masyarakat Kutim bahwa adanya sikap ketidakadilan dan kesewenang-wenangan pemerintah pusat terhadap masyarakat. Jika pemangkasan anggaran sebesar Rp 1,4 T atau hampir 40 persen dari APBD Kutim yang lebih kurang hanya Rp 3,4 Triliun tetap dilakukan, maka masyarakat Kutim sangat khawatir jika nantinya kondisi keuangan Kutai Timur menjadi anjlok dan otomatis program pembangunan yang sudah direncanakan pemerintah daerah gagal total dan terhenti.

Selain itu, pemangkasan anggaran tersebut dinilai tidak beralasan dan tidak ada pembicaraan terlebih dahulu antara pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Untuk itu,  besar harapan adanya koordinasi khusus dari tim ekonomi pemerintah kutim kepada pemerintah pusat khususnya menteri keuangan terhadap kondisi perekonomian dan pemangkasan anggaran keuangan daerah. Jangan sampai pemangkasan Rp 1,4 Triliun tersebut terjadi dan harus ada tawar menawar dalam pemangkasan anggaran, maksimal sebesar Rp 400 miliar hingga Rp 600 miliar saja.

(Voice : Karang Taruna Halim – Tolak Pemangkasan Anggaran)

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Keuangan Kutim Edward Azran yang mewakili Bupati Kutim saat menerima perwakilan demonstran menyambut baik dukungan positif dari masyarakat Kutim terkait rencana pemangkasan anggaran keuangan Kutim oleh Pemerintah Pusat. Dirinya mengatakan siap menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat tersebut. Edward juga berharap adanya draf tertulis yang dibuat oleh masyarakat Kutim yang bisa dibawa sebagai bahan pertimbangan untuk berkoordinasi dan berunding dengan pemerintah pusat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments