Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kasmidi Berharap, Dengan IFRC Team Rescue Kutim, Memiliki Kemampuan Lebih

Kasmidi Berharap, Dengan IFRC Team Rescue Kutim, Memiliki Kemampuan Lebih

(664 Views) November 5, 2017 8:36 am | Published by | No comment

Sangatta – (5/11/2017), Untuk kali ketiganya PT. Kaltim Prima Coal (KPC) menjadi tuan rumah dalam pagelaran Indonesian Fire & Rescue Challenge (IFRC). Pagelaran event tahunan yang telah berlangsung selama 17 kali ini, untuk tahun 2017 dilakukan di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur. Dibuka pada hari ini Sabtu (4/11/2017), event IFRC ke 17 tahun 2017 ini akan berlangsung selama tujuh hari kedepan.

Turut pula hadir dalam pembukaan IFRC, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang. Di dalam sambutannya, Kasmidi, sapaan akrab Wakil Bupati tersebut mengatakan, bahwa lewat ajang ini dirinya berharap penuh pada Team Reascue Kab.Kutim untuk bisa belajar serta dapat mengembangkan keahlian melalui ajang IFRC ini. Dirinya pun berharap, kedepan Team Reascue Kab.Kutim bisa memiliki kemampuan yang setara dengan kemampuan Team Reascue Nasional agar bisa menangani suatu kejadian dengan cepat tepat dan aman.

(Voice – Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang)

Untuk di ketahui, saat ini Event IFRC telah dilaksanakan sebanyak 17 kali, dengan penyelenggara bergantian antara perusahaan tambang dan migas. Sebelumnya PT. KPC adalah sebagai pelopor pertama kali untuk pelaksaan kegiatan IFRC pada tahun 1995. PT. KPC sudah ketiga kalinya menjadi tuan rumah pelaksana, yang pertama pada tahun 1995, kemudian di tahun 2003 dan sekarang di tahun 2017.
Sejarah IFRC ini sendiri bermula  saat PT. KPC pada tahun 1994 mengikuti Australian Open Cut Mine Rescue di Hunter Valley North of Sydney. Setahun kemudian para pakar rescue  Indonesia berkumpul dan merumuskan satu wadah bernama Indonesia Fire & Rescue Commitee, pada tahun 1995.
Oleh ESDM, BASARNAS, Rescue & Safety Training Experts di Jakarta, dibuatlah konsep pelatihan Fire Rescue yang konsepnya berupa tantangan bukan kompetisi sebagai media pembelajaran, berbagi pengalaman sebagai tolok ukur antar perusahaan.
Umumnya IFRC melaksanakan 7 kasus, dan kali ini KPC mengusung beberapa tema diantaranya ;
1. Fire Fighter Fitness,
2. Water Rescue,
3. Jungle Search adn Rescue,
4. Confined Space Rescue,
5. Competency Test,
6. Road Accident Rescue,
7. High Angle Rescue

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments