Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Keaneka Ragaman Flora dan Fauna Hutan Lindung Wehea Masih Masih Kurang Ekspos di Dunia Internasional    

Keaneka Ragaman Flora dan Fauna Hutan Lindung Wehea Masih Masih Kurang Ekspos di Dunia Internasional    

(1188 Views) Juni 26, 2015 8:25 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur membuka selebar-lebarnya pintu hutan lindung Wehea bagi para peneliti dan ilmuan yang ingin mengetahui keanekaragaman flora dan fauna yang terkandung dalam hutan lindung wehea tersebut.

Menurut Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, ribuan keanekaragaman flora dan fauna yang ada di dalam hutan lindung Wehea, sebenarnya masih belum banyak diketahui secara luas oleh masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga pemerintah perlu mengekspos dan mengeksplor potensi alam yang ada ini agar bisa lebih dikenal terutama di dunia internasional.

Lanjutnya, pemerintah dalam hal ini membuka peluang selebar-lebarnya kepada siapapun terutama bagi ilmuan dan peneliti dalam maupun luar negeri untuk bisa datang dan mengadakan studi terkait keaneka ragaman hayati yang dimiliki hutan wehea. Namun tentunya tetap dengan aturan yang ada dan resmi, terkait perijinan penelitian serta membayar retribusi kepada petugas hutan wehea.

Ardiansyah pun mengapresiasi keterlibatan masyarakat khususnya suku adat dayak wehea yang ikut melakukan pengamanan hutan lindung wehea dari gangguan oknum-oknum yang bisa merusak kealamian hutan wehea, sehingga selain membuat wisatawan dan peneliti yang berkunjung ke hutan lindung wehea merasa aman, keterlibatan masyarakat adat dalam melindungi hutan wehea ini membuat wehea mendapatkan penghargaan hutan lindung peringkat ketiga di dunia yang dilindungi oleh masyarakat dan hukum adat, pada tahun 2008 silam.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments