Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Keberadaan Polwasbang Dianggap Perlu Untuk Ketertiban dan Kerapian Tata Kota Sangatta

Keberadaan Polwasbang Dianggap Perlu Untuk Ketertiban dan Kerapian Tata Kota Sangatta

(647 Views) Maret 18, 2015 9:45 pm | Published by | No comment

Sangatta. Wacana pembentukan Polisi Pengawas Bangunan (Polwasbang) yang pernah didengungkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim Aswandini Eka Tirta setahun yang lalu, menurut anggota DPRD Kutim Uche Prasetyo, ada baiknya dikonsep kembali dengan mengacu peraturan daerah sebagai penguat dasar hukumnya. Jika melihat pertumbuhan penduduk Kutim sangat pesat, bangunan baru tumbuh di mana-mana, keberadaan Polwasbang sepertinya sangat dibutuhkan, khususnya untuk melakukan pengawasan dan penertiban terhadap bangunan-bangunan baru dan liar terutama di Kota Sangatta, yang selama ini tidak pernah dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kutim.

Menurut Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, untuk Kabupaten Kutai Timur yang mulai berkembang, tentunya tidak dapat dipungkiri jika masyarakat mulai melirik untuk memiliki lahan-lahan kosong khususnya di Kota Sangatta, dan kemudian dibangun rumah toko (Ruko) sebagai tempat usaha. Disinilah fungsi Polwasbang diperlukan, terutama untuk melakukan penertiban pembangunan bangunan baru di daerah-daerah yang kini masih kurang penduduk namun dianggap cukup strategis, seperti kawasan Jalan Pendidikan dan Jalan Sukarno-Hatta.

Lanjutnya, dengan penertiban kegiatan pembangunan yang dilakukan Polwasbang diharapkan agar daerah-daerah tersebut tertata sesuai dengan aturan tata kota seperti aturan batas antara bangunan dengan badan jalan yang harus berjarak 20 meter, selain melakukan penertiban kelengkapan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Dengan melakukan penegakkan aturan tersebut, maka dipastikan 5 tahun hingga 10 tahun ke depan, perkembangan kota di kedua kawasan ini akan rapi dan tertib.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments