Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kecamatan Sangatta Utara dan Muara Wahau Waspada HIV/AIDS

Kecamatan Sangatta Utara dan Muara Wahau Waspada HIV/AIDS

(465 Views) November 13, 2015 7:07 am | Published by | No comment

Sangatta. Angka pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Kutai Timur terus mengalami peningkatan. Dari data terbaru semester ketiga tahun 2015 ini terdata sebanyak 34 kasus temuan baru di Kutai Timur. Sementara itu Kecamatan yang mendapat warning waspada penyebaran HIV/AIDS di Kutai Timur adalah Kecamatan Sangatta Utara dan Kecamatan Muara Wahau. Hal ini diungkapkan Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Daerah (KPAD) Kutai Timur Harmaji.

Dikatakan, dalam semester ketiga tahun ini sudah terdata 19 kasus baru HIV/AIDS di Kecamatan Muara Wahau. 14 orang merupakan wanita tuna susila (WTS) dan 5 orang sisanya adalah ibu rumah tangga, swasta dan bahkan anak-anak serta balita. Sementara di Kecamatan Sangatta Utara ditemukan 12 kasus baru, 1 orang WTS dan sisanya adalah ibu rumah tangga, pekerja swasta dan lainnya.

Lanjut Harmaji, dari data komulatif sejak 2006 hingga September 2015, terdata ada 179 orang pengidap HIV/AIDS yang masih hidup dan 37 orang pengidap telah meninggal dunia. Bermacam faktor yang menyebabkan terjadinya penularan dan penyebaran HIV/AIDS di Kutim mulai dari tertular dari lokalisasi pelacuran, penggunaan narkoba, hingga mentato badan dengan jarum tato yang tidak steril atau bergantian.

(Voice)

Lebih jauh dikatakan Harmaji, saat ini KPAD Kutim aktif melakukan sosialisasi terutama untuk melakukan pencegahan. Sementara bagi mereka yang sudah mengidap HIV/AIDS langsung dilakukan pendampingan seumur hidup melalui RSUD Kudungga Sangatta dan Puskesmas di masing-masing Kecamatan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments