Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Kejari Sangatta Musnahkan Ratusan Barang Bukti Kejahatan, Narkoba Masih Mendominasi

Kejari Sangatta Musnahkan Ratusan Barang Bukti Kejahatan, Narkoba Masih Mendominasi

(228 Views) Juli 19, 2019 5:26 am | Published by | No comment

Sangatta – Kejaksaan Negeri Sangatta (Kejari) Kutai Timur (Kutim) memusnahkan sejumlah barang bukti dari tindak pidana umum dan tindak pidana khusus yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah), Selasa, (18/07/2019). Pemusnahan dilakukan di halaman kantor Kejari Sangatta, dengan cara dibakar dan dipecahkan. Sedang untuk barang bukti jenis Narkotika, semuanya dimusnahkan dengan cara pemusnahan diblender.

Pemusnahan barang bukti (BB) kali ini masih didominasi oleh peredaran narkotika, berupa sabu-sabu sebanyak 88 perkara dengan jumlah BB sabu sebanyak 518,27 gram, sebagian telah dimusnahkan Polres Kutim.

Turut dimusnahkan ribuan butir obat keras double L (LL) dan ratusan ribu batang rokok ilegal tanpa pita cukai maupun berpita cukai palsu

selain itu, barang bukti lainnya yang dimusnahkan merupakan benda yang digunakan untuk kejahatan, dimusnahkan dengan cara dipotong menggunakan mesin grinda. ada juga beberapa unit handphone

Kasus lainnya seperti pencurian 7 perkara, penganiayaan 8 perkara, pengeroyokan 3 perkara, perlindungan anak 2 perkara, UU Kesehatan 4 perkara dengan total bilangan bukti obat keras jenis LL sebanyak 1971 butir, perikanan 2 perkara, sajam dan senpi 5 perkara, penadahan 2 perkara, dan judi 2 perkara.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kutim, Mulyadi dalam sambutannya pada saat pemusnahan tersebut mengatakan, pemusnahan barang bukti sesuai dengan Pasal 270 KUHAP, dimana Jaksa melakukan putusan, dengan temuan 124 perkara pidum dan satu perkara pidsus dari Bea dan Cukai.

Dikatakan Mulyadi, kasus tersebut masih dinominasi oleh perkara narkoba,  yang sebenarnya masih banyak yang diselidiki oleh Polres Kutim.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengapresiasi Kejari dan jajaran lainnya yang terus berupaya melakukan temuan kejahatan yang  terjadi di Kutim. Ia mengaku kasus narkoba masih mendominasi dalam setiap temuan selama ini.

Ia berharap, kerjasama yang ada terus ditingkatkan untuk menekan peredaran narkoba di Kutim.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments