Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kelompok Kerajinan Ukir Khas Kutai Timur Nengayatna Binaan Pertamina Sangatta,Akui Produksi dan Pendapatan Semakin Meningkat

Kelompok Kerajinan Ukir Khas Kutai Timur Nengayatna Binaan Pertamina Sangatta,Akui Produksi dan Pendapatan Semakin Meningkat

(865 Views) November 2, 2016 10:58 am | Published by | No comment

img20161101160145Sangatta – Kelompok Kerajinan Ukir Khas  Kutai Timur Nengayatna, di Kilometer 17 Desa Sangkima Kabupaten Kutai Timur/ sangat bersyukur dan berterima kasih, kepada pihak PT.Pertamina Sangatta Field melalui program CSR,yang telah membantu dan membina kelompok kerajinan tersebut, sehingga produksi dan pendapatan Semakin  meningkat.

Demikian diungkapkan, Ketua Kelompok Kerajinan Ukir Khas  Kutai Timur, Nengayatna, Tamen Uyang, kepada para wartawan Kutim, saat meninjau langsung Kelompok Kerajinan itu, di Kilometer 17 Sangatta Selasa (1/11/16). Pada kegiatan Journalist Field Trip Kutai Timur yang digelar Pertamina Sangatta.

Insert 1

Tamen Uyang menceritakan, awal bantuan Pertamina kepada kelompoknya, itu bermula pada tahun 2012, Pertamina memberikan tantangan, untuk membuat ukiran dari kayu yang menyerupai pompa minyak di Pertamina Sangatta. Tantangan tersebut diterimanya, berusaha setelah sampai empat kali akhirnya berhasil dibuat. Pertamina komit untuk membeli hasil kerajinan itu, yang dijadikan sebagai cenderamata dalam berbagai kegiatan.

Insert 2

Ia menambahkan binaan Pertamina berlanjut, kepada kelompoknya yang semula beranggotakan 12 orang, namun sekarang telah bertambah menjadi 24 orang. selanjutnya bertahap pertamina memberikan bantuan berupa alat produksi serta memberikan binaan melalui pelatihan-pelatihan kerajinan tangan lainnya.

Dirinya menambahkan dengan bantuan peralatan dan pelatihan yang diberikan, alhasil produksi kelompok Nangayatna meningkat dari tahun ke tahun. Pasaran produk kelompoknya telah dipasarkan dibeberapa kota seperti Samarinda, Balikpapan, Bontang, Berau dan Kota lainnya.

Perlu diketahui, Kelompok Nengayatna sampai saat  ini, telah menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan diantaranya lesung, cobek, piring, telenan, sendok, gagang cangkul, topi manik, tas manik, gelang manik, anjat manik, baju manik, parang, dan cenderamata lainnya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments