Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kepala Balitbang Kutim Tekankan, Jangan Sampai Program Strategis Bupati 2-5 Milyar per Desa Jadi Resistensi

Kepala Balitbang Kutim Tekankan, Jangan Sampai Program Strategis Bupati 2-5 Milyar per Desa Jadi Resistensi

(469 Views) Maret 31, 2016 11:26 am | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kutai Timur Zubair selaku moderator dalam Presentasi Mekanisme Bantuan Desa dan Petunjuk Teknis oleh Universitas Mulawarman yang dilaksanakan pada hari kamis, (31/3/2016) diruang Ulin Kantor Bupati menjelas latar belakangnya dikatakan Zubair bahwa memang program dari Bupati program dana Desa 2-5 milyar merupakan program strategis prorioritas adalah program yang bagus, namun salah satu area yang rawan korupsi seperti yang telah disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi pada saat berkunung ke Kutai Timur yang mengatakan bahwa pembangunan di Desa rawan terjadinya penyalagunaan dana Desa terkait dengan pembangunan yang ada di Desa-Desa.

Selanjutnya dikatakan, bahwa Resistensi terkadang di level Kabupaten tidak ada masalah dalam penganggarannya, tetapi yang bermasalah adalah dilevel pelaksanaan dan administrasi karena bagaimanapun pengelolaan dana 2-5 milyar tersebut akan dikelola langsung oleh aparat Desa. Karena sumbernya dari anggaran Pemerintah maka pelaksanaan tidak simpel, tetapi prosesnya sama mamakai sistem seperti Pemerintah, mulai dari penganggaran, pelaksanaan, pelaporan sampai pada pertanggung jawabannya. Maka kalau berbicara tentang aspek itu perlu ada intervensi ke Desa supaya bisa terlaksana supaya apa yang menjadi rencana program strategis Bupati, jangan sampai pada implementasi program yang sangat bagus ini menjadi resistensi.

Voice (Zubair_Jangan Jadi Resisten)

Lebih lanjut dikatakan Zubair kalau  ditinjau, sebenarnya di Desa memiliki banyak sumber dana jadi jangan sampai nanti terjadi kontra produktif, karena ada yang nama Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Buget Desa, APBN dan lainnya, berdasarkan UU no.6 tahun 2014 ada tujuh sumber pendapatan Desa.

Lebih jauh dikatannya kalau belajar dari pengalaman, bahwa hampir dikeseluruhan yang menjadi masalah, termasuk masalah bangsa kadang-kadang Desa itu hanya menjadi ajang pertarungan program karena memilki banyak sumber, sehingga Desa hanya kebagian dari sisa-sisa untuk membersihkan program pertarungan itu, dan ini yang tidak diinginkan oleh Bupati. Bagaimana program strategis 2-5 milyar per Desa ini dapat berjalan dengan efektif sehingga  untuk itulah Bupati meminta agar ada kajian dari berbagai aspek.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments