Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kepala Disdukcapil Kutim Menduga 89 Ribu Warga Kutim Belum Rekam E-KTP Disebabkan Data Ganda Pada Kartu Keluarga

Kepala Disdukcapil Kutim Menduga 89 Ribu Warga Kutim Belum Rekam E-KTP Disebabkan Data Ganda Pada Kartu Keluarga

(1773 Views) September 6, 2016 3:37 am | Published by | No comment

Sangatta – Program Nasional untuk menuntaskan perekaman E-KTP pada tahun 2016 sampai saat ini masih tersisa 22 juta ditingkat nasional, kemudian di daerah Kabupaten Kutai Timur berdasarkan data server Disdukcapil Kutim, masih tersisa kurang lebih 89.560 orang yang belum melakukan perekaman E-KTP. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, pada Coffee Morning Bupati dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Senin (5/9/16).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur, Januar Harlian Putra Lembang Alam menduga bahwa angka tersebut disebabkan masih  banyak data yang merupakan data ganda yang terbawa dalam data Kartu Keluarganya. Baik data Kartu Keluarga berbagai kalangan masyarakat baik Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D), maupun masyarakat. Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat yang datang ke Kutai Timur, tidak mensyaratkan adanya surat pindah penduduk, sehingga surat pindah mereka tidak dibawa ke Kutim. Selain itu, Januar Harlian menilai hal tersebut juga bisa jadi karena pada tahun 2013-2014 Pusat tidak pernah mencetak E-KTP, sehingga menjadi pintu masuk bagi para karyawan-karyawan baik karyawan pertambanga, perkebunan maupun migrasi antar daerah yang  mendaftar dengan Kartu Keluarga baru.

Voice Januar Harlian

Namun Januar Harlian optimis bahwa data 89.560 tersebut masih dapat  diklarifikasi karena dengan sudah ada 92 lembaga layanan publik yang akan menutup layanan karena harus mengutamakan E-KPT dalam kepengurusan apapun, bahkan di Kecamatanpun tidak akan bisa dibuka  sehingga jika tidak dibuka maka mau dibuka mereka akan datang dengan sendiri ke Disdukcapil, tahun 2016 ini dapat diselesaikan.

Lebih jauh, Januar mengungkapkan bahwa sejauh ini sudah laporan yang sudah masuk di Disdukcapil, Kecamatan Sangatta Utara yang sudah melakukan perekaman 16 orang, Bengalon 97 orang, Sandaran 15 orang, Kabupaten 23 orang. Untuk memaksimalkan pelayaanan perekaman E-KTP Disdukcapik membuka layanan hari Sabtu dan Minggu yang dibuka mulai jam sembilan sampai jam tiga sore, dengan membuka tiga loket.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments