Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kepala UPT KPP Sangatta Sebut RT Tidak Setor Retribusi Sampah ke UPT KPP

Kepala UPT KPP Sangatta Sebut RT Tidak Setor Retribusi Sampah ke UPT KPP

(618 Views) Juni 14, 2016 1:34 am | Published by | No comment

Sangatta. Minimnya target pemasukan daerah dari retribusi sampah yang ditetapkan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (KPP) Sangatta tahun ini yang hanya sebesar Rp 25 juta, ditanggapi Kepala UPT KPP Sangatta, Basuki Isnawan.

Kepada media yang menghubunginya, siang tadi, Basuki mengatakan bahwa sejak diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) Kutai Timur Nomor 8 tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum, baru pada tahun 2013 pihanya melakukan pembenahan infrastruktur kebersihan. Seperti menyiapkan tong dan bak sampah dan pembenahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Setelah itu, tahun 2014 barulah pihaknya bersama Dispenda Kutim melakukan sosialisasi Perda Retribusi Jasa Umum tentang sampah ini kepada masyarakat. Kemudian barulah tahun 2015 lalu, aktifitas pemungutan sampah bisa dilakukan, namun baru di seputaran jalan-jalan protokol kota Sangatta yang bisa dijangkau truk-truk angkutan sampah. Sementara untuk pengambilan sampah di tingkat RT (Rukun Tetangga), lansgung dikelola oleh RT setempat.

Terkait besaran retribusi sampah yang dipungut kepada warga di tingkat RT antara Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per rumah per bulannya, Basuki mengatakan nilai pungutan tersebut sepenuhnya merupakan kesepakatan antara warga setempat dengan pihak RT. Sedangkan pihak UPT KPP Sangatta tidak ada dilibatkan sama sekali dalam penentuan besaran pungutan sampah tersebut. Sementara terkait setoran retribusi sampah Rp 5000 per bulan per rumah sesuai dengan yang diatur dalam Perda Retribusi Jasa Umum tersebut, dikatakan bahwa tidak pernah sepeserpun disetorkan kepada UPT KPP Sangatta oleh pihak RT. Sehingga target PAD Rp 25 juta per tahun tersebut hanya diperoleh dari Hotel, Rumah Makan dan Restauran yang ada di Kota Sangatta.

(Voice : Ka UPT KPP Basuki – Retribusi Sampah)

Voice Kebersihan Basuki – Retribusi Sampah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments