Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kerajinan Batu Akik Di Kutai Timur

Kerajinan Batu Akik Di Kutai Timur

(783 Views) Februari 10, 2015 11:08 am | Published by | 1 Comment

 Batu Akik lagi jadi  incaran

Sangatta. Terkenalnya keanekaragaman pesona batu mulia atau batu akik sudah berlangsung sejak dahulu kala. Berbagai ragam batu asal Indonesia tersebut pun telah menjadi buruan kolektor dan penggila perhiasan meskipun harus membayar harga bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Perburuan batu mulia satu ini pun sudah mencapai ujung utara wilayah Indonesia, tepatnya di sangatta kutai timur. Perburuan ini bahkan mengibaratkan kejantanan para pria meningkat tajam jika tangannya terhias dengan cincin aneka jenis batuan dari dalam perut bumi tersebut.

Sejak sebulan terakhir banyak penjual yang menjual aneka jenis batu mulia di kawasan jalan yos sudarso III, tepatnya di Gg. Garuda sangatta utara. Batu mulia ini  merupakan hasil tambang rakyat dari beberapa daerah di kutai timur, seperti asal kec. Bengalon ,sangkulirang dan sekitarnya. Meskipun sebagian besar masih didatangkan dari luar wilayah sangatta,  Harganya pun bervariasi, tergantung pada jenis dan beratnya. Harganya berkisar dari Rp 50 Ribu.

Maraknya tren batu mulia ini ditandai juga dengan mulai terbukanya beberapa usaha jasa pengasah batu maupun pemotongan batu. Dahulu hampir tidak terdengar suara menderu mesin pembelah batu, namun kini suara tersebut terdengar hingga waktunya warga sekitar ponton sangatta tertidur lelap.

Para perajin batu beralasan Nilai yang dikeluarkan sebagai modal usaha dinilai cukup murah yang disertai dengan adanya keterampilan memotong dan mengasah batu-batuan tersebut. Modal murah, tetapi keuntungannya  cukup menjanjikan untuk ukuran sangatta.

Batu mulia dari kec. Bengalon  merupakan batu yang cukup indah dan diperkirakan dalam kurun waktu 10  tahun mendatang akan terus dicari sehingga harganya masih tetap stabil.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments