Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KESBANGPOL Kutim Sosialisasi UU RI No.24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang serta Lagu Kebangsaan

KESBANGPOL Kutim Sosialisasi UU RI No.24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang serta Lagu Kebangsaan

(863 Views) Agustus 4, 2015 7:44 am | Published by | No comment

IMG20150804095327Sangatta – Pengaruh Globalisasi memasuki semua lini kehidupan tidak terkecuali kehidupan berbangsa dan bernegara, masyarakat mulai tidak memperhatikan lagi simbol dan kedaulatan negara. Bendera, Bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan  sarana pemersatu, identitas dan wujud eksistensi bangsa yang menjadi simbol dan kedaulatan dan kehormatan negara sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bendera, bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan juga merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, Bendera, bahasa dan lambang negara, serta lagu kebangsaan belum diatur dalam bentuk Undang-Undang. Oleh karena itu, disusun Rancangan Undang-Undang tentang bendera, bahasa dan lambang serta lagu kebangsaan dan setelah disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia lahirlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009.

Mengingat hal tersebut diatas, Badan Kesatuaan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Kabupten Kutai Timur menyelenggarakan Sosialisasi Undang-Undang nomor 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang serta lagu kebangsaan, dengan mengusung tema “Dengan Semangat Kemerdekaan Kita Tingkatkan Kecintaan Pada Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan”. Sosialisasi ini dilaksanakan pada hari ini, selasa 4/8/15 pukul 09.30 wita di Gedung PKK Kabupaten Kutai Timur Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi.

Adapun tujuan dari sosialisasi UU RI no.24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dan lambang serta lagu kebangsaan negara ini, meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai perlunya bersikap positif terhadap Bendera, Bahasa, dan Lambang serta Lagu Kebangsaan serta menggunggah masyarakat agar bersikap lebih peduli pada pengembangan, pembinaan, serta perlindungan bahasa Indonesia sehingga lahir sikap bangga berbahasa Indonesia.

Sosialisasi UU RI no. 24 tahun 2009 ini, dibuka oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Kutai Timur Mugeni, dan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pimpinan Kepala Daerah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kutai Timur serta jajarannya, camat sekabupaten Kutai Timur, DPD KNPI, Organisasi Masyarakat (ORMAS) Tokoh Agama, dan tamu undangan lainnya. Sosialisasi yang digelar selama satu hari ini  mendatangkan narasumber dari KESBANGPOL Provinsi Kalimatan Timur, yakni Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur Roni dan Dosen FKIP Mata Kuliah PPKN Universitas Mulawarman Alim Salamah Ichsany.

Dalam sambutannya Mugeni menyambut baik Sosialisasi UU RI No.24 Tahun 2009 serta memberikan apresiasi yang baik kepada KESBANGPOL kutai Timur yang telah melaksanakan sosialisasi tersebut. Selanjut Mugeni berpesan kapada semua yang hadir agar dapat segera mensosialisasikan kepada masyarakat menjelang peringatan detik-detik prolamasi 17 Agustus 1945 atau HUT RI ke-70 tahun agar memasang bendera merah putih didepan kantor – kantor/instansi, organisasi dan rumah. Mugeni mengungkapkan selama dirinyab menjadi panitia HUT RI tiga tahun berturut-turut bahwa fakta dilapangan belum banyak kesadaran masyarakat untuk memasang bendera sang merah, untuk itu melalui sosialisasi UU RI no. 24 tahun 2009 ini Mugeni berharap akan timbul kesadaran masyarakat mengenai bendera, bahasa dan lambang serta lagu kebangsaan negara.

Voice

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments