Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kesulitan Air Bersih, Puluhan Warga Sangkima Adukan Pertamina Sangatta ke DPRD Kutim

Kesulitan Air Bersih, Puluhan Warga Sangkima Adukan Pertamina Sangatta ke DPRD Kutim

(595 Views) Oktober 25, 2015 2:49 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta. Puluhan masyarakat Desa Sangkima dan Desa Sangkima Km 13, pagi tadi, mendatangi gedung DPRD Kutai Timur untuk mengadukan nasib mereka yang tidak memiliki air bersih. Kedatangan masyarakat ini, sekaligus mengadukan PT Pertamina EP Feild Sangatta yang tidak perduli dengan kondisi masyarakat setempat. Padahal menurut mereka seharusnya PT Pertamina Sangatta bisa membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat ini terutama terkait masalah kekeringan dan kekurangan pasokan air bersih. Masyarakat kemudian dipertemukan dengan perwakilan manejemen Pertamina Sangatta dan dilakukan mediasi oleh Ketua DPRD Kutim Mahyunadi untuk memecahkan permasalahan yang ada.

Mahyunadi, yang ditemui usai pelaksanaan mediasi mengatakan, bahwa permasalahan yang ada memang berawal dari imbas kemarau berkepanjangan yang melanda Kutai Timur. Masyarakat yang kesulitan air bersih pun berupaya mengadu kepada Perusahaan yang ada di wilayah mereka yakni PT Pertamina. Namun karena menganggap tidak mendapatkan respon dari Pertamina, akhirnya mereka mengadu kepada DPRD. Tetapi setelah di DPRD permasalahn yang ada akhirnya berkembang, mulai dari kebutuhan air bersih, hingga ke permasalahan infrastruktur jalan dan transparansi alokasi dana CSR Pertamina.

Dikatakan Mahyunadi, sejak tahun 70’an, dirinya menilai apa yang dilakukan Pertamina dalam hal responsibiliti sosial dianggap masih kurang jika dibandingkan perusahaan sawit dan perusahaan lainnya, kepada masyarakat. Namun alasan Pertamina yang tidak bisa maksimal memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya dalam hal pembangunan infrastruktur karena kawasan masyarakat masuk dalam Taman Nasional Kutai (TNK) dianggap cukup masuk akal. Akan tetapi masih sebenarnya masih banyak cara untuk menyalurkan bantuan seperti dengan memberikan dana segar kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat yang kemudian bisa dikelola sesuai kebutuhan masyarakat.

(voice)

Sementara itu, Assisten Manejer Legal Relition PT Pertamina EP Field Sangatta Ifni Hidayat, yang ditemui usai pertemuan mengatakan bahwa pihaknya sangat ingin membantu masyarakat yang ada. Namun jika harus berbenturan dengan permasahan hukum ke depan harinya, maka pihak manajemen tidak bisa. Namun mewakili pihak perusahaan, dirinya menyakinkan masyarakat di kedua desa ini bahwa Pertamina Sangatta akan segera membuatkan beberapa sumur bor untuk air bersih bagi masyarakat, sembari memberikan suplay air bersih kepada masyarakat setempat.

Sementara untuk perbaikan infrastruktur jalan masyarakat, pihaknya angkat tangan. Karena hingga kini belum ada kejelasan dari pemerintah Kutim daerah mana saja yang masuk dalam kawasan yang sudah alih fungsi hutan dan mana yang masih masuk dalam kawasan TNK.

————–

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments