Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kesultanan Kutai Kartanegara, Himbau Kepala Adat Besar Kutai Kabupaten Kutim Terus Berkoordinasi Dengan Pihaknya

Kesultanan Kutai Kartanegara, Himbau Kepala Adat Besar Kutai Kabupaten Kutim Terus Berkoordinasi Dengan Pihaknya

(905 Views) November 17, 2016 11:04 am | Published by | No comment

pengukuhan

SangattaSayyid Abdal Nanang Al-Hasani usai dilantik Bupati Kutai Timur, Ismunandar sesebagai Kepala Adat Besar Kutai Kabupaten Kutai Timur, selanjutnya menjalani prosesi pengukuhan oleh Kesultanan Kutai Ing Martadinata, Rabu (16/11/16) diruang Akasia Gedung Serba Guna Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Kesultanan Kutai, Aji Pangeran Hario Puger menjelaskan, perlu diketahui pengangkatan Kepala Adat Besar Kutai adalah wewenang Kepala Daerah dalam hal ini Bupati Kutai Timur, bukan wewenang Kesultanan Kutai Kartanegara, juga sesuai dengan Peraturan Daerah Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Dia menuturkan, pada zaman kerajaan yang mengangkat memang adalah Sultan Kutai Kartanegara, tapi zaman sekarang tidak berbeda, yang harus mengangkat Kepala Adat Besar Kutai adalah Bupati Kutai Timur. Sedangkan Kesultanan hanya merestui dan mendukung, inilah yang perlu diklarifikasi.

Lebih lanjut, Aji Pangeran Hario Puger menambahkan, Kepala Adat Besar Kutai di kutim, harus berkoordinasi dengan Lembaga-Lembaga Adat, Kepala-Kepala Adat yang dibentuk oleh Pemerintah. Jangan sampai timbul hal-hal yang kurang jelas. Dia mencontohkan, sekarang ini banyak permasalahan dilapangan, yang mengatas namakan tanah ulayat, tanah adat, yang notabene tidak jelas.

Dia menekankan agar Kepala Adat Besar Kutai, memperhatikan hal-hal seperti itu dan selalu berkoordinasi dengan pihak kesultanan, dirinya menegaskan bahwa kesultanan tidak memihak kepada investor dan juga tidak memihak kepada masyarakat. Asalkan buktinya akurat, kesultanan akan bantu memberikan rekomendasi, jika sudah terdaftar di Badan Pertanahan Nasional. Dia mengatakan, jangan hanya mengaku ini tanah nenek moyang. Ia menghimbau kepada warga yang ada di Kota Sangatta, duduk manis dan mencari solusi yang baik.

Pelantikan Kepala Adat Besar Kutai Kabupaten Kutai Timur, turut disaksikan Sultan Kutai Ing Martadinata, yakni Aji Sultan Muhammad Salehuddin II, yang telah berumur 94 tahun. Kehadirannya, sebagai sultan yang sah, karena bertanggung jawab atas Kesultanan Kutai yang telah dinobatkan pada tahun 2001 oleh Para Raja Se-Nusantara, yang dihadiri oleh 3 mentri dan mendapat restu dari Presiden RI Gusdur pada waktu itu. Jadi mutlak kerajaan Kutai sah demi hukum adalah Aji Sultan Muhammad Salehuddin II.

( Voice : Reporter/Wak Hedir )

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments