Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Keterbatasan Armada Menghambat Angkutan Sampah, Padahal Hari Libur Tetap Angkut

Keterbatasan Armada Menghambat Angkutan Sampah, Padahal Hari Libur Tetap Angkut

(182 Views) Juli 16, 2019 5:11 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Pengangkutan sampah dalam ibu kota khususnya Sangatta Utara sampai saat ini belum begitu maksimal. Hal tersebut disebabkan kurangnya armada yang di miliki UPT Kebersihan. Hal ini juga berdampak langsung tidak di implementasikannya Peraturan Daerah (Perda) tentang waktu pembuangan sampah.

Saat di konfirmasi, Kepala UPT Kebersihan Sangatta Utara, Rara Siti Hajrah mengatakan pihaknya aktif mengangkut sampah setiap hari. Bahkan tak kenal hari ibur mereka tetap melakukan pengangkutan sampah selama 24 jam. Dikatakannya, kemungkinan sering ada laporan bahwa pihaknya tidak mengangkat sampah pada hari libur. Padahal ini juga disebabkan kurangnya armada, bahkan kadang ada yang rusak jadi maksimal 3 atau 4 unit saja yang bisa digunakan. Dari keterbatasan armada ini pula yang menyebabkan pihaknya tidak dapat menerapkan Perda yang ada karena hanya akan berbenturan.

Dari kurangnya armada itu, sebenarnya pihaknya sudah melakukan pengajuan beberapa tahun belakangan, hanya saja belum terealisasi oleh APBD maupun CSR.

Menurutnya, memang kerap ada dugaan pihaknya tidak bekerja saat hari libur. Terlebih jika mendapat laporan sejumlah TPS terjadi penumpukan.

Disamping itu, ia menjelaskan kendala di lapangan lainnya, karena masih banyak warga yang membuang sampah tak tepat waktu. Bahkan jika survey, menurut pengalamannya, mayoritas warga membuang sampah hampir tiap jam di sepanjang jalan.

Sementara itu, untuk menghitung total sampah, pihaknya belum mampu menghitung dalam hitungan ton. Tapi jika dikubikasikan berdasar volume muatan alat angkutan, sehari kurang lebih 29- 30 rotasi / hari. Kalau di kubikasi mencapai 158 – 159 meter kubik per hari.

Jumlah ini belum termasuk sampah menumpuk pada TPS induk Jalan Poros Kabo dan Kanal I Bukit Pelangi.

Voice Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments