Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Kodim 0909 Bakal Bangun 501 MCK

Kodim 0909 Bakal Bangun 501 MCK

(2553 Views) Juli 22, 2015 8:18 am | Published by | No comment

SANGATTA – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 57 Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman 18 Juli lalu, seluruh Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah Kodam VI Mulawarman melaksanakan secara serentak program sejuta jamban yang merupakan bagian dari karya bakti manunggal TNI kepada rakyat. Kegiatan dimaksud merupakan program yang dicanangkan oleh mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Gatot Nurmantyo, yang kini menjabat panglima TNI.
jamban 2Menurut Komandan Kodim 0909 Sangatta Letkol Inf Ibnu Hudaya, program sejuta jamban ini diprakarsai Panglima TNI. Berkenaan dengan HUT 57 Kodam Mulawarman, seluruh Kodim di wilayah Kodam VI Mulawarman secara serentak melaksanakan program tersebut melalui program Karya Bakti. Dia kemudian meletakkan batu pertama pembuatan MCK di kawasan Kenyamukan belum lama ini.
Untuk wilayah Kodim 0909 Sangatta, akan dibangun sekitar 501 jamban atau MCK (mandi cuci kakus). Tetapi karena anggaran karya bakti TNI yang sangat terbatas, maka pihak Kodim 0909 Sangatta melibatkan instansi terkait untuk berkolaborasi menyukseskan program ini. Pihak yang dilibatkan yakni Dinas Kesehatan (Diskes) melalui Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyehatan Lingkungan (P2PL), ditambah dengan dukungan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Dijelaskan, dana yang dimiliki memang terbatas, hanya sekitar Rp 30 juta. Kalau dirata-ratakan biaya per MCK, kami hanya mampu 10 MCK saja.Jadi ini hanya program stimulus yang akan ditindaklanjuti bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan forum MSH CSR. Diharapkan dengan kerjasama ini, masyarakat memiliki perilaku hidup sehat dan tidak buang air besar di sembarangan tempat. Program sejuta jamban tentunya akan meningkatkan sanitasi lingkungan yang lebih baik. Berikutnya? ke depan meningkatkan pula taraf kesehatan dan produktivitas masyarakat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments