Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KOMODITI PROSPEKTIF SINGKONG GAJAH AKAN DIKEMBANGKAN DI BERBAGAI KECAMATAN

KOMODITI PROSPEKTIF SINGKONG GAJAH AKAN DIKEMBANGKAN DI BERBAGAI KECAMATAN

(3279 Views) Agustus 1, 2016 11:46 am | Published by | No comment

Sangatta. Komoditi Singkong gajah memiliki nilai prospektif bagi masyarakat. komoditi yang sudah dikembangkan di Kecamatan Rantau Pulung sejak tahun 2012 lalu bakan dikembangkan di kecamatan-kecamatan lain, hal ini dikarena daerah Kutim yang memang cocok untuk penanaman komoditi singkong gajah dan sudah memiliki pasar yang siap menampung hasil dari panen dari singkong tersebut.

Dalam rapat coffee morning pagi tadi (1/8) Bupati Kutai Timur Ismunandar meminta para camat untuk menginventaris masyarakat yang ingin menanam singkong gajah, Penanaman singkong gajah ini juga termasuk mendukung program pemerintah dibidang agrobisnis. kedepannya Kutai Timur tidak hanya dikenal karena Batu bara ataupun sawit namun dapat dikenal penghasil singkong gajah.

Menurut Camat Rantau Pulung Poniso Suryo Renggono yang ditemui usai pertemuan coffee morning mengatakan , Bupati meminta dukungan kecamatan lain dalam rangka pemenuhan kebutuhan singkong gajah agar dua pabrik di Rantau Pulung dapat dioptimalkan. Pabrik tersebut memiliki kapasitas lima ton perjam yang dapat mengolah tepung tapioca. Sedangkan untuk pemasaran tepung tapioca sampai dengan saat ini dapat melayani pasar local sampai dengan ke kota bontang, dengan pembeli yang datang langsung ke Rantau Pulung.

Singkong gajah yang memiliki masa tanam sepuluh sampai dengan dua belas bulan dapat menghasilkan empat puluh sampai tujuh puluh ton per hektarnya. Sementara harga jual singkong gajah yang dijual ke pabrik sebesar tujuh ratus lima puluh rupiah per kilo gram. Dengan harga tersebut hasil kotor yang dapat di terima petani singkong gajah per hektar dalam satu kali masa panen dapat mencapai lima puluh dua juta rupiah. Saat ini sudah berdiri dua pabrik di Kecamatan Rantau Pulung untuk mengolah singkong gajah menjadi tepung tapioca.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments