Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Komponen PJR Solar Cell Dicuri, Dinas PU Kutim Rugi Ratusan Juta Rupiah

Komponen PJR Solar Cell Dicuri, Dinas PU Kutim Rugi Ratusan Juta Rupiah

(554 Views) April 23, 2015 8:46 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutai Timur saat ini tengah melakukan pendataan nilai kerugian terhadap pencurian komponen pada belasan tiang penerang jalan raya (PJR) solar cell yang berada di sepanjang jalur ring road Soekarno-Hatta, Sangatta. Pencurian terhadap beberapa komponen penerang jalan raya solar cell ini cukup bervariasi, mulai dari hanya dicuri batere saja hingga ada yang hampir seluruh komponen lengkap dengan trafonya dan hanya menyisakan tiang dan lampu penerangnya saja. Demikian yang disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kutai Timur Aswandini Eka Tirta, kepada awak media siang tadi.

Dijelaskan Aswan, pencurian yang dilakukan oleh oknum masyarakat ini cukup bervariasi, sementara  kerugian totalnya hingga kini masih dalam tahap pendataan dan perhitungan karena komponen yang diambil oleh pencuri ini minimal nilainya Rp5 juta. Namun menurutnya kerugian yang ditimbulkan untuk satu tiang penerang jalan raya solar cell ini nilainya hingga Rp16 juta.

Lanjutnya, langkah yang diambil saat ini adalah melakukan perbaikan agar penerang jalan ini dapat kembali dipergunakan karena sangat penting sebagai penerangan bagi pengendara kendaraan dan pengguna jalan atau pejalan kaki. Selain itu, pihaknya juga sedang memikirkan bagaimana melakukan pengamanan agar kejadian pencurian tidak terulang kembali.

Sedangkan masalah pencuriannya, setelah melakukan pendataan lengkap, segera akan dilaporkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan pengusutan terhadap tindakan pencurian ini. Karena menurut Aswan, oknum pencuri tersebut harus lah diberikan sanksi agar menimbulkan efek jera terlebi yang diambil adalah barang yang diperuntukkan bagi kemaslahatan umum dan bukan milik pribadi.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments