Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » KPA Kutim Sosialisasi HIV/AIDS kepada Pejabat di Lingkup Pemkab Kutim

KPA Kutim Sosialisasi HIV/AIDS kepada Pejabat di Lingkup Pemkab Kutim

(413 Views) Juni 23, 2016 5:31 am | Published by | No comment

Sangatta – Guna memberikan pengatahuan seputar  penyakit HIV/AIDS, Komisi Penanggulang Aids (KPA) Kabupaten Kutai Timur melaksanakan Sosilisasi HIV/AIDS kepada Pejabat-Pejabat Struktural seperti Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan, Bagian serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang hadir dalam Rapat Koordinasi di ruang Meranti kantor Bupati, belum lama ini.

Narasumber dalam Sosialisasi tersebut, hadir dr. Rahmat dokter kandungan, Dia mengatakan masalah HIV/AIDS mungkin sudah sering mendengarnya namun perkembangannya sendiri banyak yang belum mengetahui karena kurangnya informasi yang didapat. Dia mengatakan bahwa HIV/AIDS sekarang sudah dilingkungan kita, dan bahkan sudah menyebabkan kematian tanpa memandang bulu, baik umur, laki-laki, wanita, ibu rumah tangga, bayi, tua, muda semua bisa terkena. Dr Rahmat menyatakan penyakit HIV/AIDS sebenarnya bisa dicegah, cuma sayangnya insiden penyakit tersebut luarbiasa trivalensinya, menularnya sangat cepat padahal kalau dilihat cara penularannya sebenarnya susah, namun kalau dilihat melihat penyakit sepertinya tidak bisa kita tahan trivalensinya.

Untuk dr Rahmat mengatakan dengan Sosilasasi HIV/AIDS dia mengharapakan bisa membantu memberikan ninformasi baik bagi diri sendiri maupun untuk kelurga dan masyarakat sekitarnya untuk bagaimana pencegahan HIV/AIDS. Karena dampak dari HIV/AIDS sangat luas, bukan hanya masalah kesehatan tetapi juga berdampak ekonomi dan sosial juga akan berpengaruh terhadap kesejahteraan kita semua.

Lebih lanjut, dr Rahmat menjelaskan bahwa HIVsebenar adalah virus sama seperti penyakit lainnya  seperti flu burung, hepatitis dan lainnya, cuma virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, karena setiap manusia sudah dibekali dengan sistem kekebalan tubuh, baik umum maupun yang spesifik. Virus tersebut menyerang sistem kekebalan spesifik tubuh, sehingga seorang tdak punya kekebalan tubuh, yang menyebabkan infeksi-infeksi lainnya turut menyerang tubuh disebit HIV adalah Human Immunodeficiency Virus yaitu virus yang menyerang sistem kekebalan tubu.

Ada beberapa tahap tingkatannya yang serangan dari virus HIV, mulai stadium satu sampai menjadi AIDS, AIDS adalah Acquired Immune Deficiency Syndrome‘ diamana kekebalan tubuh seseorang akan diserang dan akhirnya tidak mempunyai kekebalan tubuh sama sekali. HIV/AIDS merupakan penyakit menular yang menyerang semua umur dan vaksinnya sampai sekarang belum ditemukan. Namun obatnya sudah ada, yang sifatnya hanya mencegah.

Lebih jauh dr Rahmt mengatakan HIV bisa tertular karena melaui darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. Cara penularan melalui transeksual/homoseksual, heteroseksual, transhorizontal seperti narkoba suntik, tranfusi darah, atau jika sedang terluka dan terkena darah orang yang terinfeksi bisa terkena. Misal dengan memakai tindik, tato, selanjut penularan yang secara vertikal adalah penularan dari ibu ke anaknya.

Voice dr Rahmat

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments